Puskesmas Pembantu (Pustu) Yang berubah Fungsi Menjadi Pembuangan Sampah

Breaking News

- Advertisement -
Laporan: Arjuna
MUDANews.com , Tapteng (SUMUT) – Kondisi sarana kesehatan warga seperti Puskesmas Pembantu (Pustu) di Lingkungan VI, Kelurahan Pasirbidang, Kecamatan Sarudik, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara, sekarang berubah menjadi pembuangan sampah.
Parahnya, warga sekitar yang membutuhkan perawatan medis terpaksa harus menjalani pengobatan di teras rumah warga, akibat tidak berfungsinya sarana kesehatan tersebut kurang lebih selama 10 tahun lebih.
Melihat kondisi tersebut, Wakil Ketua DPRD Tapanuli Tengah, Awaluddin Rao sangat menyanyangkan kondisi Pustu di Kelurahan Pasirbidang itu. Menurutnya kondisi Pustu itu sangat memprihatinkan dan sungguh tidak layak lagi disebut sarana kesehatan bagi masyarakat.
“Kita sangat prihatin melihat ini kenapa pihak dinas kesehatan dan pemerintah daerah tidak perhatian dengan kegiatan ini sehingga bisa terjadi sudah begitu lama di pasir bidang,” sebut Rao saat meninjau kondisi Pustu Pasirbidang, Rabu (29/3/2017).
Pihaknya, kata Rao akan merencanakan pemanggilan terhadap Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tapanuli Tengah terkait kondisi Pustu di Kelurahan Pasirbidang tersebut.
Sementara itu, Gusni Fitria Lubis salah seorang warga Lingkungan VI Pasirbidang mengungkapkan sudah hampir 10 tahun banguna pustu pasirbidang ditelantarkan. Bahkan pengobatan dilakukan dirumah warga dengan perlatan medis seadanya.
“Kalau mau nyuntik dia kedalam, kalau pelayanan bagus tapi masih menumpang, peralatannya dibuat di kardus kalau tempat tidurnya tak ada lagi, kami disini udah ada lah setahun, setahun la orang itu menumpang disini sebelumnya disitu disamping itu rumah kayu itu (rumah warga disamping pustu-red),” ungkapnya.
Kini, hampir selurun dinding bangunan Puskesmas Pembantu tersebut telah hancur bahkan pintu dan jendela yang selama ini terpasang justru tidak ada lagi, akibatnya hewan ternak milik warga bebas berkeliaran.[ rd ]
- Advertisement -

Berita Terkini