Masyarakat Pribumi Indonesia galang dana untuk Banjir Bandang Sidempuan
Rumah yang Rusak Akibat Banjir Bandang Sidempuan
Laporan : Indra
MUDANews.com, Padang Sidempuan (Sumut) – Memasuki hari ke 3 bencana banjir bandang yang menerjang Kota Padang Sidempuan. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Sidempuan rilis data terbaru kerusakan akibat bencana alam tersebut.
Kepada wartawan, Kepala Kantor (Kakan) BPBD Kota Padang Sidempuan, Khairul Harahap mengatakan, saat ini data rumah yang hanyut akibat banjir bandang mencapai 61 unit. Dari 61 unit rumah tersebut terdiri dari 3 Kecamatan yakni, Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Padang Sidempuan Batunadua, dan Padang Sidempuan Selatan.
“Banjir ini menerjang 6 kecamatan yang ada di Kota Padang Sidempuan. Namun, kalau rumah yang hanyut hanya di 3 kecamatan yakni di Kecamatan Padang Sidempuan Utara, Padang Sidempuan Batunadua, dan Padang Sidempuan Selatan,” ungkapnya.
Lebih lanjut, Khairul menjabarkan, di Kecamatan Padang Sidimpuan Utara ada 13 rumah yang hanyut. Sementara, di Kecamatan Padang Sidempuan Batunadua terdapat 2 unit rumah yang hanyut.
“Sedangkan di Kecamatan Padang Sidempuan Selatan, rumah yang hanyut mencapai 46 unit,” tungkasnya.
Kemudian, Khairul mengatakan, dari data yang diterima pihaknya rumah rusak akibat bencana banjir bandang tersebut mencapai 242 unit. Dimana, rumah yang rusak berat mencapai 71 unit, rumah yang rusak sedang mencapai 61 unit dan rumah rusak ringan mencapai 109 unit.
“Kalau rumah yang rusak akibat bencana ini mencapai 242 unit,” tungkasnya.
Sebelumnya, hujan deras melanda kawasan Tapanuli Selatan, Minggu, 26 Maret 2017. Akibat hujan deras itu, Sungai Batang Ayumi dan Sungai Aek Sipogas meluap yang mengakibatkan Kota Padang Sidempuan diterjang banjir bandang.
Selain itu, banjir menyebabkan ratusan rumah terendam air. Banjir bandang juga dilaporkan telah merusak puluhan rumah karena terseret derasnya arus air.[ rd ]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here