FP2D Desak Pemerintah Desa Perhatikan Derainase

Breaking News

- Advertisement -
Laporan: Erwin
MUDANews.com, Batubara (Sumut) – Forum Pemantau Pembangunan Desa (FP2D) Kabupaten Batubara mendesak agar pemerintah desa di sekitar wilayah kecamatan Tanjung Tiram, agar memperhatikan saluran drainase yang kerap kali menjadi akar permasalahan banjir didaerah tersebut.
Hal ini dikatakan ketua FP2D Ahmad Fatih Sultan kepada Mudanews.com di Tanjung Tiram, Senin (27/3), menurut Sultan, buruknya drainase merupakan akar permasalahan pertama penyebab banjir yang terjadi di Kecamatan Tanjung Tiram, khususnya disejumlah Desa seperti Suka Maju, Desa Bogak dan Pahlawan.
Melalui dana pemerintah pusat, setiap desa sudah memiliki cukup dana yang seharusnya sudah bisa berbenah untuk mengatasi masalah ini, yang merupakan pokok permasalahan didesa. “Ujar pria kelahiran negeri Malaysia ini.
Lebih lanjut Sultan menerangkan, “kalau Derainase bagus, maka akan terciptalah hidup bersih dan sehat ditengah-tengah masyarakat, dan untuk mewujudkan itu, tidak harus mengandalkan dana desa belaka, bisa banyak hal dilakukan di antaranya dengan menggalakkan gotong royong disetiap desa.
“Ini juga kalau pemerintah desa mau, untuk kepentingan masyarakat. seharusnya pemerintah desa dapat berpikir jangka panjang, untuk kepentingan desa, jangan lagi berpikir sifatnya hanya sesaat, dan mengejar keuntungan semata.”
Karena disejumlah Desa didaerah ini, sering kita menemukan keluhan warga terkait tentang drainase yang tumpat, karena tertutup oleh sampah, atau lain sebagainya, yang kita sesalkan terkesan tidak ada upaya dari pemerintah desa mengatasinya.
Sehingga sampah yang bertumpukan menyebabkan sumber penyakit yang datang, tidak jarang ketika air hujan cukup deras air tergenang dan menjadi pemandangan sehari-hari, ini merupakan sumber dari penyakit seperti demam berdarah, malaria dan lain-lain.
Untuk itu kita harapkan pemerintah desa respek akan permasalahan ini, dan menjadikan perbaikan drainase menjadi agenda kerja yang terus di agendakan.”cetus Sultan yang juga terdaftar sebagai aktifis Himpunan Mahasiswa Islam ini.[ rd ]
- Advertisement -

Berita Terkini