Banjir bandang sidempuan
Warga Tampak Sedang Melihat Banjir Bandang Kearah Sungai
Laporan : Indra
MUDANews.com, Padang Sidempuan (Sumut) – Banjir bandang yang menerjang Kota Padang Sidempuan, Minggu (26/3/2017) malam berdampak buruk. Pasalnya, ratusan rumah yang ada di bantaran Sungai Batang Ayumi hanyut.
Kepada wartawan, Kepala Kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang Sidimpuan, Khairul Harahap mengatakan, pihaknya hingga saat ini belum dapat memastikan berapa jumlah pasti rumah yang hanyut akibat banjir bandang tersebut. Namun, melihat banjir bandang tersebut pihaknya memprediksi kalau rumah yang hanyut diperkirakan hingga mencapai angka ratusan.
“Belum tau pastinya berapa. Tapi kalau kita lihat banjirnya, ini bisa mencapai ratusan rumah yang hanyut yang menetap di bantaran Sungai Batang Ayumi,” ucapnya.
Lebih lanjut, dia memprediksi banjir tersebut akibat curah hujan yang hingga kini masih mengguyur kawasan Tapanuli Bagian Selatan (Tabagsel). “Prediksi kita ini akibat hujan yang dari tadi sore,” pungkasnya.
Sekedar mengingatkan, curah hujan yang deras melanda kawasan Tabagsel Minggu (26/3/2017) siang sekira pukul 15.00 WIB. Namun, sekira pukul 19.00 WIB warga yang tinggal di bataran Sungai Batang Ayumi Kota Padang Sidempuan mendadak panik.
Pasalnya, kala itu warga berbondong-bondong ke luar rumah lantaran melihat air Sungai Batang Ayumi mengalami kenaikan yang cukup drastis. Takut menjadi korban banjir, warga pun tampak berlarian menyelamatkan harta bendanya.[ rd ]