Jaga Kelestarian Lingkungan, IMM Langkat Tanam 200 Bibit Mangrove

Breaking News

- Advertisement -
Laporan : Wahyu Panjaitan
MUDANews.com, Langkat (Sumut) – Pengurus Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Langkat bekerja sama dengan Gerakan Mahasiswa Pecinta Alam Sekolah Tinggi Agama Islam Jam’iyah Mahmudiyah (Gamapala STAI-JM) Kota Tanjung Pura melakukan penanaman magrove di Desa Dogang, Kecamatan Gebang, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara, Sabtu (18/3).
Penanaman 200 bibit mangrove yang dikoordinatori oleh Muhammad Haris ini dilakukan dalam rangka memperingati hari milad IMM yang jatuh pada tanggal 14 Maret 2017 lalu.
Haris mengatakan penanaman mangrove ini adalah salah satu usaha dalam mencegah terjadinya kerusakan lingkungan yang disebabkan oleh tenaga gelombang laut hingga terjadinya pengikisan pantai (Abrasi).
Hal senada juga disampaikan Ketua Pengurus Cabang Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah (PC IMM) Langkat Muhammad Gusti, ia mengatakan kegiatan ini adalah salah satu bentuk kepedulian IMM terhadap kelestarian lingkungan.
Lanjutnya, hutan mangrove atau yang dikenal juga dengan nama hutan bakau memiliki fungsi yang cukup banyak baik untuk ekosistem pantai maupun sebagai pelindung ekosistem di daratan.
“Hutan bakau memiliki banyak fungsi, diantaranya sebagai habitat berbagai satwa, pelindung terhadap bencana alam hingga tempat rekreasi dan pariwisata, sarana pendidikan dan penelitian,”jelasnya.
Haris juga menambahkan, berdasarkan fungsi hutan bakau tersebut diharapkan dapat memberikan manfaat bagi masyarakat disekitar pantai pada saat ini maupun masa yang akan datang.
“Agar tetap terjaga kelestarian dan fungsinya, hal ini perlu diantisipasi dengan upaya terus menerus dalam meningkatkan pemulihan vegetasi  pantai dengan melakukan penanaman hutan mangrove, serta sosialisasi keada masyarakat tentang pentingnya vegetasi mangrove,”demikian Haris.
- Advertisement -

Berita Terkini