Status Gunung Sinabung Masih ‘Awas’, Warga Dihimbau Tidak Masuk Zona Merah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Arkhan AL

MUDANews.com, Karo (Sumut) –  Aktivitas vulkanik Gunung api Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, dalam dua hari terakhir terus beraktifitas. Mengingat Status Gunung Sinabung masih Awas (Level IV), dan tingginya aktivitas Gunung Sinabung dengan ditandai meningkatnya kegempaan dan besarnya volume Kubah Lava yang sudah mencapai 2,4 Juta M3 dalam posisi menggantung yang dapat berakibat terjadinya awan panas dan guguran yang cukup besar.

Berdasarkan informasi yang di himpun MUDANews.com dari Posko PVMBG (Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Geologi) Karo, Minggu (19/2) sekira jam 16.29 WIB, dua hari belakangan ini terhitung dari tanggal 18/2/2017 mulai dari jam 06.00 hingga 19/2/2017 jam 12.00 WIB, Gunung Sinabung mengalami 1 kali letusan, 142 kali guguran dan 1 kali guguran awan panas.

Untuk itu, pihak posko BVMG tidak bosan-bosanya menghimbau kepada masyarakat dan pengunjung/wisatawan untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius 3 km dari puncak, dan dalam jarak 7 km untuk sektor selatan-tenggara, dalam jarak 4 km untuk sektor utara-timur Gunung Sinabung. Serta masyarakat yang berada dan bermukim di dekat sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung agar tetap waspada terhadap bahaya lahar.

Mengingat peningkatan Status Gunung Sinabung masih Awas (Level IV) sejak 2/6/2015 yang sebelumnya telah dilaporkan Kepala Badan Geologi, Surono, kepada Kepala BNPB, Syamsul Maarif hingga sekarang, Status Gunung api yang tertinggi di Sumatra Utara ini belum juga diketahui kapan adanya penurunan statusnya.

Gunung Sinabung yang terus bergolak secara fluktuatif sejak meletus pada (15/9/2013) hingga sekarang, membuat semua pihak yang terdiri dari Komandan Satgas Tanggap Darurat Bencana Erupsi Gunung Sinabung Letkol Inf. Agustatius Sitepu, Pemkab Karo, BPBD, Kepolisisan, dan yang lainnya tidak pernah bosan-bosannya untuk menghimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak memasuki Zona Merah sesuai rekomendasi PVMBG.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini