Di Negara ini, Urine Sapi Dikonsumsi Sebagai Obat Penyembuh Penyakit

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, India – Ternyata, tidak hanya susu sapi yang sering digunakan baik dalam upacara keagamaan Hindu maupun kehidupan sehari-hari warga India yang mayoritas beragama Hindu.

Urine (air kencing) dari sapi itu ternyata juga digunakan masyarakat India. Mereka mempercaya bahwa air seni sapi dapat bermanfaat bagi kesehatan, bahkan juga dapat menyembuhkan penyakit. Air seni sapi pun jadi bisnis yang ramai di negara ini.

Hal tersebut kemudian membuat pemerintah India membentuk tim penguji untuk meneliti air sisa pencernaan tersebut. Penelitian dilakukan demi menemukan jawaban, apakah air seni binatang yang suci di India itu benar-benar bisa menyembuhkan kanker hingga demam berdarah.

“Ini adalah bagian dari budaya kami, [tapi] hanya karena itu adalah bagian dari budaya kami, tidak berarti kami dapat mengonsumsinya secara membabi buta,” kata koordinator tim penguji Dr Kavya Dashora, dikutip dari CNN.

Lebih lanjut, Dashora menyebutkan bahwa mereka hanya ingin melakukan pembuktian secara ilmiah.

“Seluruh dunia mengetahui bahwa urine sapi memiliki sifat anti-virus. Kami hanya perlu membuktikannya secara ilmiah,” ujar Dashora yang juga seorang profesor di Indian Institute of Technologi, New Delhi India.

Dashora mengatakan proyek penelitian ini akan mengeluarkan produk berupa chip yang nantinya dapat mengidentifikasi jenis susu dan urine yang sehat untuk dikonsumsi. Selain itu, penelitian ini juga akan mengembangkan standar nasional untuk industri sapi.

Sementara itu, pemiliki klinik terapi urine sapi, Virendra Kumar Jain mengatakan bisnis air seni sapi itu berkembang pesat beberapa tahun terakhir.

Di klinik miliknya, Jain menawarkan terapi urine sapi untuk beragam penyakit. Klinik kesehatan ini sendiri telah memiliki 19 orang dokter.

“Ia bekerja sangat efektif untuk semua penyakit,” kata Jain.

Bahkan, kemih sapi juga telah merambah produk perawatan dan rumah. Salah satu label obat tradisional di India, Patanjali Ayurved, menjual berbagai produk berdasarkan urine sapi mulai dari minuman hingga pembersih lantai.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini