Ilustrasi gempa.
Ilustrasi gempa.

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Terkait kejadian gempa bumi yang mengguncang Barat Daya Kabupaten Deli Serdang yang terjadi empat kali berturut-turut dalam satu malam ini, Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap tenang.

Ia mengimbau kepada masyarakat untuk tetap mengikuti rahan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatra Utara dan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG).

“Masyarakat agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan BMKG. Untuk warga yang tinggal di pesisir Pantai Barat Sumut agar tidak terpancing isu tsunami. Gempa bumi yang terjadi tidak berpotensi tsunami,” pesan Tengku Erry.

Diketahui sebelumnya berdasarkan informasi yang diperoleh dari BMKG telah terjadi gempa bumi yang diketahui berada pada titik Barat Daya Kabupaten Deli Serdang sebanyak empat kali pada Selasa (14/2) yang diperkirakan pada pukul 00:11:19 WIB dengan kekuatan/magnitudo 4.7 SR di 22 km di darat, Barat Daya Deli Serdang dengan kedalaman 10 km.

Kemudian disusul dengan kekuatan/magnitudo yang sedikit lebih rendah, yakni 4.2 SR pada pukul 00:17:27 WIB di titik 19 km di darat, Barat Daya Kabupaten Deli Serdang dengan kedalaman 10 km.

Selang beberapa jam kembali menyusul pada pukul 03:35:59 WIB dengan kekuatan/magnitudo yang lebih tinggi, yakni 5.2 SR  di darat, 23 km Barat Daya Deli Serdang dengan kedalaman 10 km. Kemudian dilanjutkan dengan susulan ke empat kalinya pada pukul 03:49:40 WIB dengan kekuatan/magnitudo 3.8 SR di darat 27 km Barat Daya Deli Serdang dengan kedalaman 10 km.[jo]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here