Pantauan gubsu terhadap kawasan dantob
Pantauan gubsu terhadap kawasan dantob

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Gubernur Sumatera Utra (Gubsu) Pak Tengku Erry Nuradi (PATEN) melakukan pemantauan terhadap lahan dan hutan yang berada di kawasan Danau Toba (Dantob), Sabtu (11/2) lalu.

Pemantauan ini dilakukan melalui pemantauan udara dengan menggunakan helikopter jenis AW139 buatan Italia tahun 2016.

Dijelaskan oleh Ilyas Sitorus, selaku Plt Kepala Biro Humas dan Keprotokolan bahwa pemantauan yang dilakukan Gubsu ini untuk mengetahui titik api dari lahan dan hutan yang sering terbakar dikawasan tersebut.

“Kami memantau lewat udara ini untuk mengetahui titik-titik api yang menyebabkan lahan Danau Toba dan sekitarnya mudah terbakar serta menyusun langkah-langkah untuk mengantisipasinya,’’ jelasnya menyampaikan pesan Gubsu, Senin (13/2)

Dalam pantauan udara tersebut Gubsu juga didampingi oleh anggota DPD RI Parlindungan Purba, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Anthony Siahaan, Ketua PKK Hj. Evi Diana Erry, beserta staf Dinas Kominfo Provsu.

Dijelaskan bahwa dengan menggunakan helikopter pemberian Badan SAR Nasional (Basarnas) kepada Pemprovsu ini Gubsu beserta rombongan melakukan pemantauan terhadap lahan dan hutan yang rawan kebakaran di kawasan strategis nasional Danau Toba.

“Kita tidak mau kecolongan. Memasuki musim kemarau saat ini kebakaran hutan dan lahan di khususnya di kawasan Danau Toba berpotensi terjadi. Kita harus waspada bencana dan meminta kepala daerah dan instansi terkait turut mengantisipasinya,’’ jelas Gubsu Erry.[jo]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here