Bersihkan Karang Gigi Membandel Dengan Bahan Alami Nan Murah

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com – Memiliki gigi sehat dan bersih menjadi idaman bagi sebagian orang untuk tampil di depan banyak orang.

Namun, masalah karang gigi, atau gigi terlihat coklat menjadi masalah yang sering muncul. Ditambah dengan biaya pergi ke dokter gigi untuk membersihkan karang gigi yang mahal, masalah semakin besar.

Tapi ternyata, ada cara lain yang lebih mudah dan tidak perlu mengeluarkan dana besar untuk membersihkan karang gigi tersebut.

Dikutip dari situs kesehatan mediskus.com, beberapa bahan alami ini diyakini dapat membantu memulihkan warna gigi yang terganggu oleh karang.

1. Strawberry dan Tomat

Strawberry dan tomat merupakan sumber vitamin C. Vitamin C ini mengandung antioksidan yang baik untuk kesehatan rongga mulut.

“Anda tinggal menggosokkan buah ini langsung ke gigi, dan diamkan selama 5 menit. Biarkan kandungan vitamin C-nya memperlunak timbunan karang gigi,” tulis situs tersebut.

2. Kacang Mentah

The Student Care Center dari Universitas Chicago memberikan saran bahwa penggunaan efek panetral asam dari kacang mentah dapat membantu mengatasi karang gigi.

3. Keju

Efek panetral yang sama juga bisa didapat dari keju, terutama keju jenis Swiss dan Cheddar. Namun harganya cukup mahal jika menggunakan keju.

4. Biji Wijen

Ternyata biji wijen tidak hanya bermanfaat untuk pembuatan roti. Biji wijen juga bisa membersihkan karang gigi secara alami dengan cara mengunyah segenggam biji wijen, tapi tidak ditelan. Kemudian, gosok gigi dengan sikat yang kering saat biji wijen masih berada dalam mulut. Biji wijen tersebut akan bertindak sebagai scrub alami.

5. Minyak Kelapa

Mengulum 1 sendok makan minyak kelapa selama 15 hingga 20 menit kemudian menyikatnya dengan sikat gigi biasa juga dipercaya dapat menghilangkan karang gigi membandel. Disarankan melakukannya setiap pagi hari sebelum sarapan.

6. Aloe Vera (Lidah Buaya)

Studi dipublikasikan oleh Journal of Oral Health and Dental Management pada tahun 2014 mendapati bahwa lidah buaya mampu memberikan efek serupa seperti yang diberikan oleh mouthwash berbahan chlorhexidine. Cara untuk menghilangkan karang gigi dengan bahan ini adalah menggosokkan potongan lidah buaya ke gigi dan batas gusi, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan air dingin. Lakukan 2 kali sehari.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini