Tingkatkan Pariwisata, Pemkab Karo Segera Bangun Great Wall di Sipiso-piso

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Karo (Sumut) –  Menyusul kunjungan mendadak ke sejumlah objek wisata di kawasan Berastagi dan lereng Sinabung jalan tembus Karo-Langkat kemarin, Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH dan wakil bupati Cory S Sebayang, kompak maksimalkan pembangunan sarana dan prasarana objek wisata Sipisopiso-Tongging.

Dan untuk menambah daya tarik wisatawan berkunjung ke destinasi wisata yang berada di pinggiran danau Toba itu, nantinya akan dibangun juga tembok Great Wall mirip tembok Cina di negeri tirai bambu sepanjang hampir 1000 meter, yang dapat menghubungkan desa Tongging dan desa Pengambatan. Untuk mendukung sarana hiburan yang mencerminkan budaya Karo dan kearifan lokal, pihak Pemkab Karo juga akan membangun panggung pertunjukan open stage dan tribun terbuka.

Sehingga nantinya wisatawan tidak bosan berlama-lama menikmati keindahan alam Danau Toba dan kesejukan air terjun Sipiso-piso sembari menyaksikan hiburan bernuansa budaya lokal.

Hal itu dikatakan Bupati Karo Terkelin Brahmana, SH didampingi wakil bupati Cory S Sebayang, Anggota DPRD Karo Thomas Joverson, Kadis PUD Karo Ir.Paten Purba, Kadis Pariwisata Ir. Mulia Barus dan Camat Merek saat meninjau fasilitas pariwisata di kawasan wisata di penatapan air terjun Sipiso-piso Kecamatan Merek Tommy S, Selasa (10/1).

Lanjut Terkelin, “untuk memperindah lingkungan wisata di kawasan itu, Pemkab Karo juga akan menata taman bunga wisata di lingkungan itu, serta membangun berbagai sarana olahraga terbuka. Sehingga nantinya touris yang berkunjung ke situ selain dia menikmati indahnya pemandangan danau Toba, mereka juga dapat melakukan kegiatan olahraga dan menikmati hiburan seni berbasis budaya”, kata Terkelin.

Hal senada dikatakan Wakil Bupati Karo Cory S Sebayang, kita tidak main-main menata pariwisata Karo. Untuk memajukan pariwisata daerah ini, Pemkab Karo tidak berkerja sendiri, tetapi turut mengajak partispasi pihak-pihak yang ada kepeduliannya memajukan wisata daerah ini, seperti perhotelan, travel (biro perjalanan), BUMN dan BUMD. Dan untuk memenej pariwisata di masing-masing sektor, kita akan menempatkan orang yang tepat mengerti pariwisata.

“Termasuk soal kebersihan kita akan bersikap tegas kepada pihak pengelola sarana pariwisata, kita akan berikan sangsi tegas bila pihak pengelola tidak mengindahkan kebersihan. Objek wisata harus bersih, karena bersih itu indah,” tegas Cory.

Ditempat yang sama Anggota DPRD Karo Thomas Joverson Ginting mengatakan, “sudah saatnya Pemkab Karo serius berbenah meningkatkan pembangunan fasilitas pariwisata didaerah ini. Kita tidak salah mencontoh keberhasilan pariwisata daerah lain. Kita juga harus belajar dari keberhasilan pengelolaan pariwisata mereka,” ujar Thomas serius.

“Saya melihat ada satu hal baru yang dapat menarik wisatawan berkunjung ke Sipiso-piso Tongging. Salah satunya membangun great wall seperti tembok Cina di antara perbukitan jalan tradisional yang menghubungkan desa Tongging-Pengambatan berjarak sekitar 1000 meter,” ujar Thomas.

“Kalaulah ide ini terealisasi, fasilitas wisata ini sangat fenomenal nantinya, sambil berjungle track dengan view sebelah utara Danau Toba, timur Gunung Sipiso-piso, Selatan Air terjun dan sebelah barat pemandangan tebing bukit curam serta kiri-kanan tembok jurang terjal ditumbuhi rerumputan, alangkah lengkapnya keindahan wisata Tongging-Sipiso-piso ini,” promo Thomas Joverson.[am]

 

- Advertisement -

Berita Terkini