Gempa Berkekuatan 5,4 SR Guncang Kepulauan Nias

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Joni Purba

MUDANews.com, Gunung Sitoli (Sumut) – Gempa bekekuatan 5,4 Skala Richter mengguncang daerah Timur Laut Nias Utara pukul 17:24:59 pada Jumat (6/1).

Berdasarkan informasi yang diperoleh, bahwa pusat gempaberada pada koordinat 1.380Lintang Utara (LU) danĀ  98.040 Bujur Timur (BT) di kedalaman 41 Km.

Menurut informasi yang diperoleh dari Kepala Stasiun Geofisika Gunung Sitoli Nias, Gandaman Matondang, bahwa guncangan yang kuat dirasakan oleh masyarakat di Kepulauan Nias dalam skala Intensitas II SIG BMKG atau (III-IV MMI).

ā€œGempa tersebut tidak menimbulkan kerusakan dan belum ada tanda-tanda aktifitas gempa susulan,ā€ ungkap Gandaman Matondang.

Ia menjelaskan bahwa gempa bumi yang terjadi pada beberapa saat lalu adalah gempa bumi dangkal yang terjadi akibat adanya aktifitas subduksi lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah lempeng Eurasia.

Guncangan gempa kali ini juga dirasakan di Tarutung, Padang Sidempuan dan Sidikalang.

Gandaman juga menyampaikan bahwa masyarakat dihimbau untuk tetap tenang dan tetap terus mengikuti arahan dari BNPB dan BMKG.

ā€œKhusus bagi masyarakat Nias, masyarakat dihimbau agar tidak terpancing isu, karena gempa bumi yang terjadi barusan tidak berpotensi menimbulkan tsunamiā€, tegasnya.[am]

- Advertisement -

Berita Terkini