Untuk Yang Ingin Menjual Hp
Net/Ilustrasi

MUDANEWS.COM – Di sini saya akan menceritakan sekilas saja, karena kalau terlalu panjang takutnya engga bisa dicerna karena malas untuk membaca. Bagi siapa pun yang membaca ini dan akan menjual hp miliknya dimohon untuk berhati-hati sebelum menjual, apalagi jika di galeri pernah menyimpan poto atau video privasi atau data yang menurut pembaca sangat penting dan rahasia.

Takutnya, jika sudah terjual privasi tersebut bisa terbuka oleh si pemilik baru. Karena banyak aplikasi yang bisa mengembalikan video atau poto yang sudah terhapus dengan jangka waktu yang lama. Atau bahkan file data penting sekalipun yang mungkin pernah kawan-kawan simpan di hpnya. Syukur-syukur si pemilik baru orang baik. Gimana jika dia punya sifat yang jahat? Bisa jadi di salah gunakan atau bahkan disebar luaskan hal-hal paling rahasia yang pernah di simpan di hp Anda. Bukan kata orang, saya sendiri mengalami itu.

Ketika saya mencoba menggunakan aplikasi untuk menemukan poto yang ingin saya temukan karena tanpa sengaja terhapus, dengan aplikasi untuk menemukan data yang hilang, ada beberapa poto bekas pemilik lama hp yang saya pegang ini bermunculan. Sebagian video yang pernah di unduh oleh pemilik sebelumnya pun kembali ada dan utuh, dan kebetulan itu video kartun. Mungkin video buat anaknya. Dan saya membeli hp ini second atau bekas, atau bukan baru.

Meski sudah beberapa kali dikembalikan ke pengaturan awal, atau pengaturan pabrik atau mungkin root. Namun data lama, tetap saja tidak terhapus seluruhnya.

Bagi yang ingin mengetahui aplikasinya apa mungkin ingin menggunakan untuk menemukan data yang hilang, saya tidak bisa memberi tahu. Karena beberapa apk tidak suport karena berbeda merk misalnya. Niat menemukan data yang hilang, malah data yang ada pada hilang.

Saya menulis di sini mudah-mudahan bisa mengingatkan kawan-kawan semua. Agar hal yang tidak diinginkan tidak terjadi. Kalo bisa pake hp seancurnya saja jika merasa ada hal-hal penting dan sangat rahasia, pernah tersimpan di hp Anda.

Sekian, semoga ada manfaatnya.

2019

Penulis adalah Dede Humaedi Kamal