Penerapan Inovasi Machine Learning pada Sosial Media
Mahasiswa Psikologi UMA

MUDANEWS.COM, Medan – Di jaman sekarang ini perkembangan teknologi informasi semakin mempengaruhi hidup manusia. Salah satu paling banyak digandrungi masyarakat media sosial.

Media sosial adalah sebuah media online dengan para penggunanya dapat dengan mudah berpartisipasi, berbagi dan dapat menciptakan isi berupa blog, jejarang sosial, wiki, forum dan dunia virtual. Blog, jejaring sosial dan wiki merupakan bentuk media sosial yang paling umum digunakan oleh masyarakat di seluruh dunia.

Pendapat lain mengatakan bahwa media sosial adalah media online yang mendukung interaksi sosial dan media sosial itu sendiri menggunakan teknologi yang berbasis web yang dapat mengubah komunikasi menjadi dialog interaktif.

Jejaring sosial merupakan situs dimana setiap orang bisa membuat web page pribadi, kemudian terhubung dengan untuk berbagi informasi dan komunikasi.

Saat teknologi internet dan mobile phone main maju maka media sosial pun ikut tumbuh dengan pesat. Kini untuk mengakses facebook atau tweeter misalnya, bisa dilakukan dimana saja dan kapan saja hanya dengan menggunakan mobile phone. Demikian dengan cepatnya mengakses media sosial mengakibatkan terjadinya fenomena besar terhdap arus informasi tidak hanya di negara-negara maju tetapi juga di Indonesia. Karena perkembangan media sosial juga tampak menggantikakan peranan media masa konvensional dalam menyebarkan berita-berita.

Saat ini banyak para pengguna media sosial terjebak dalam peristiwa Cyber Crime (kejahatan dunia maya), dimana para pengguna mengeluh bahwa akun media sosisal mereka mengalami pembajakan dan menimbulkan dampak buruk bagi pengguna akibat pencemaran nama baik dan hoax yang tersebar atas nama pengguna. Dari kasus-kasus tersebut, kami menemukan inovasi baru dengan tujuan agar para pengguna dapat menggunakan media sosial dengan aman dan nyaman serta tetap terjaga privasi mereka.

Inovasi yang kami temukan adalah dengan menambahkan fitur pemindai wajah atau Face Access yang dapat membaca biometric wajah untuk Log in pada aplikasi media sosial, sehingga akun tersebut tidak dapat Log In oleh orang lain. Inovasi baru ini juga dapat membantu para pengguna untuk Log In saat pemilik akun lupa kata sandi atau password. Fitur Face Access ini juga memberikan pilihan kepada para pengguna untuk memakai fitur tersebut atau tidak, sehingga pengguna dapat memilih dengan leluasa.

Untuk itu mudah-mudahan inovasi dari kami ini dapat dijadikan refrence dibeberapa tahun kedepannya.

Disusun Oleh Team Muda Mandiri :
Siti Kholilah
Cut Hasanah
Sofiah Annisa Ritonga
Dewi Lilyana
Fildzah isfi nasution
Murni Yuningsih
Melcha Herti Gafta
Dinda Salsabila
Shasmita Dwi mardianti
Liza azzuhra.
(Fakultas Psikologi. 18/ Universitas Medan Area)