Ini Bahaya Telepon Pintar Bagi Anak-anak

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM – Perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini tidak hanya memberi pengaruh besar bagi orang dewasa tetapi juga anak-anak.

Seperti dilansir dari Standard, Senin (12/6), memberikan anak-anak smartphone sama halnya dengan memberi mereka satu gram kokain yang akan membuat mereka kecanduan. Sedangkan waktu yang dihabiskan mereka untuk bermain media sosial seperti Snapchat dan Instagram sama dengan kecanduan terhadap narkoba dan alkohol.

Menurut Mandy Saligari, seorang ahli rehabilitasi di Harley Street London mengungkapkan, para orangtua harus lebih memperhatikan kebiasaan anak-anak mereka dalam bermain.

Dirinya selalu mengingatkan kepada orangtua bahwa memberi anak-anak tablet atau smartphone sama dengan memberi mereka sebotol anggur. Karena berdasarkan penelitian, pola otak yang ditimbulkan oleh kecanduan smartphone sama halnya dengan pola otak yang ditemukan pada pecandu narkoba.

Saligari juga menyebutkan bahwa klien yang datang pada klinik rehabilitasi tersebut adalah para remaja yang masih berusia 13-14 tahun. Anak-anak ini memiliki kebiasaan mengurung diri dengan bermain smartphone sehingga tidak sedikit dari mereka yang terlibat dalam sexting dan menganggap hal tersebut normal. Melalui smartphone dan media sosial, anak-anak dan remaja akan cenderung mengeksploitasi diri mereka dan mengalami krisis identitas.

Sebuah survei terbaru yang dilakukan terhadap 1.500 orangtua, ditemukan bahwa rata-rata anak-anak di Inggris mendapatkan ponsel pertama mereka di saat berumur 7 tahun dan smartphone di umur 10 tahun. Jadi bisa dibayangkan seperti apa kecanduan yang akan dialami oleh anak-anak jika tidak dilakukan pengawasan yang ketat dari para orangtua.

Untuk menghindari kecanduan pada anak, mulailah mengajarkan bagaimana mereka mengatur diri dan mengajarkan permain tradisional yang sederhana. Tentu saja yang paling penting adalah pengawasan dari para orangtua. (ka)

 

- Advertisement -

Berita Terkini