HUT Pramuka Pamarican, Lomba Gerak Jalan
Siswa-siswi latihan

MUDANEWS.COM, Ciamis – Gerakan Pramuka Kwartir Ranting (Kwarran) Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, menggelar kegiatan Lomba Gerak Jalan menyambut peringatan Hari Ulang Tahun Ke-58 Praja Muda Karana (Pramuka), yang dilaksanakan di Lapang Ditakerti, Desa Pamarican, Kecamatan Pamarican, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Wakil Sekretaris 1 Kwarran Pamarican, Imar Abdurrahman, S.Kom, Selasa (13/08/2019), mengungkapkan bahwa lomba gerak jalan tersebut diikuti oleh sekitar 150 regu, yang terdiri dari 10 siswa-siswi dalam setiap regunya. Utusan dari pangkalan SD/MI, SMP/MTs, SMK/SMA/MA yang ada diwilayah Kecamatan Pamarican.

“Kami laksanakan kegiatan lomba gerak jalan dalam rangka menyambut HUT Pramuka ke-58 ini, karena banyak nilai yang bisa dipetik oleh para siswa-siswi dalam kegiatan lomba gerak ini, di antaranya disiplin, belajar menghargai satu sama lain, dan pendidikan mental, memotivasi diri untuk berprestasi,” ujarnya.

Kegiatan Lomba Gerak Jalan itu menempuh jarak sekitar 1 kilometer, dengan melalui beberapa ruas jalan yang ada disekitar Desa Pamarican.

Imar, mengatakan bahwa kegiatan Gerak Jalan merupakan media yang tidak bisa dilepaskan dari aktivitas Pramuka, karena menjadi salah satu sarana dalam menumbuhkan para siswa-siswi dalam hal kedisiplinan dan pemahaman baris-berbaris.

“Pramuka menjadi media bagi pendidikan kepanduan di luar Sekolah yang mengajarkan budi pekerti, mental, termasuk kepemimpinan,” tandasnya. Berita Ciamis, BQ