Sat Lantas Polres Banjar, Sosialisasikan Pentingnya Penggunaan Helm Saat Berkendara

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Banjar – Kesadaran keselamatan berlalu lintas masih menjadi perhatian. Orang tua khusnya masyarakat diminta terbiasa memakaikan helm ketika berkendara, dengan sepeda motor.

Ada cara yang unik yang dilakukan oleh Kapolres Banjar, AKBP Yulian Perdana S.I.K, dalam mengingatkan warga untuk selalu memakai helm saat berkendara di jalan raya yaitu dengan menampilkan beubeugig, atau boneka.

Beubeugig tersebut didesain dengan menggunakan helm dengan beberapa warna seperti warna merah, warna putih, dan warna hitam, serta diturunkan dibeberapa persimpangan pada saat Gutur pada pagi hari, Senin (26/08/2019).

Teknis penggunaanya yaitu beubeugig yang di bawa oleh anggota Sat Lantas, menghampiri pengendara yang tidak menggunakan helm untuk diingatkan tentang pentingnya menggunakan helm saat berkendara.

Kasat Lantas Polres Banjar AKP Dadang Supriadi SH MM, menuturkan bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk mengingatkan masyarakat lewat media Beubeugig, atau boneka sehingga masyarakat yang tidak memakai helm merasa malu bahwa Beubeugig saja menggunakan helm kenapa kita tidak.

“Ini merupakan kegiatan kreatif, tujuannya menggugah masyarakat. Kami mengajak masyarakat semakin tertib berlalu lintas. Ketika sudah tertib akan meminimalisir terjadinya kecelakaan lalu lintas,” imbuhnya.

“Saat ini Beubeugig tersebut sudah di turunkan dibeberapa lokasi oleh Sat Lantas antara lain Alun Alun Banjar kemudian Perempatan Sapoyono dan Perempatan Djarum,” ujarnya.

Kasat Lantas juga menuturkan, bahwa penggunaan helm juga tidak boleh asal pakai. Penggunanya harus memastikan helm terpasang dengan tali pengaman.

“Masyarakat biasanya lupa kalau helm sampai bunyi klik itu penting. Kalau misalnya terpelanting, biasanya helm jatuh, sama aja tidak pakai helm,” sebutnya.

Sat Lantas Polres Banjar, Sosialisasikan Pentingnya Penggunaan Helm Saat Berkendara
Sat Lantas Polres Banjar Saat sosialisasikan pentingnya penggunaan helm saat berkendara

Kasatlantas Polres Banjar, mengatakan tidak akan memberikan sanksi tilang. namun Polisi, akan mengedepankan tindakan persuasif. Berita Banjar, BQ

- Advertisement -

Berita Terkini