RSUD Deli Serdang
Massa aksi menyampaikan orasinya di Mapolda Sumut

MUDANEWS.COM, Medan – Gerakan Masyarakat Membaca (GEMA-BACA) kembali turun kejalan menyampaikan aspirasi di depan Mapolda Sumut, Senin (20/5/2019).

Dalam aksi tersebut, massa meneriakkan selamatkan RSUD Deli Serdang dari tangan-tangan jahat, pejabat yang bermental korup.

Sangkot Simanjuntak selaku ketua GEMA-BACA menyampaikan berapa tuntutan diantaranya:

1. Meminta kepada Kapolda Sumut dan Kejaksaan Tinggi Sumut untuk memanggil dan memeriksa Dirut UPT RSUD Deli Serdang Dr Hanif Pahri Sp Kj. Diduga kuat korupsi dan Mark-Up pada program pelayanan administrasi perkantoran, program peningkatan sarana dan prasarana aparatur, program upaya kesehatan masyarakat, program pengadaan peningkatan sarana dan prasarana rumah sakit Tahun Anggaran 2017 senilai Rp. 71.941.613.000

2. Meminta kepada Badan Pemeriksaan Keuangan Pembangunan (BPKP) untuk mengaudit pada ptogram dan kegiatan di UPT RSUD deli Serdang Tahun Anggaran 2017 total keseluruhan Rp. 71.941.613.000,- diduga kuat korupsi dan Mark-Up sehingga Negara dirugikan Milyaran Rupiah.

3. Mengundang Tim Saber Pungli Polda Sumut untuk turun ke Kabupaten Deli Serdang serta memantau UPT RSUD Deli Serdang yang dipimpin oleh dr Hanif Fahri Sp Kj. Diduga kuat telah terjadi pungli dan jual beli proyek dengan syarat KKN.

4. Meminta Bupati Deli Serdang untuk memgevaluasi mencopot Direktur UPT RSUD Deli Serdang Dr Hanif Pahri Sp  Kj dari jabatannya diduga kuat korupsi dan Mark-Up tidak memiliki prestasi dalam mendongkrak kemajuan RSUD yang dipimpinnya.

5. Selamatkan UPT RSUD Deli Serdang dari tangan-tangan jahat demi untuk berjalannya pemerintahan yang baik, dan mengajak seluruh elemen Mahasiswa, Pemuda, dan masyarakat untuk menyelamatkan UPT RSUD Deli Serdang dadi pejabat yang bermental Korup.

Sebelumnya, Sangkot Simanjuntak menjelaskan kepada awak media waktu dekat GEMA-BACA akan menyampaikan laporan secara resmi ke Polda Sumut tentang Dugaan Korupsi UPT RSUD Deli Serdang tahun 2017.

Kemudian, perwakilan dari Humas Polda Sumut Kompol. J. K. Tampubolon menanggapi aspirasi tersebut mengatakan terimakasih kepada GEMA-BACA telah menyampaikan aspirasi dengan tertib, kami akan menyampaikan persoalan ini kepada pimpinan dan tetap berkomunikasi dengan Pihak GEMA-BACA.

Pantauan, setelah aspirasi ditanggapi pihak Polda Sumut, massa membubarkan diri dengan tertib. Berita Medan, Ilham