Kantor YLBHI Diserang
Foto: Sejumlah massa dari LBH Medan membakar ban bekas sebagai bentuk protes terhadap penyerangan sekelompok massa ke kantor YLBHI di Jakarta.

MUDANEWS.COM, Medan – LBH Medan mengecam tindakan penyerangan yang dilakukan oleh sekelompok massa di kantor Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Minggu (17/9/2017).

Sebelumnya saat acara ‘Asik Asik Aksi’ di kantor YLBHI, sekelompok massa datang. Massa yang berjumlah ratusan itu menuding acara itu terkait kebangkitan Partai Komunis Indonesia (PKI). Massa kemudian mengepung kantor yang berada di Jalan Diponegoro, Jakarta Pusat tersebut.

Menurut direktur LBH Medan Surya Adinata, diskusi itu diadakan untuk meluruskan sejarah dan upaya awal untuk pemulihan kejahatan Hak Asasi Manusia yang berat di masa lalu.

“Beberapa hari sebelum diskusi, bermunculan hoax dan fitnah di beberapa media sosial yang mengungkapkan bahwa acara tersebut merupakan acara penyebaran paham komunis di Indonesia,” bebernya.

Surya mengecam tindakan yang dilakukan sekelompok massa tersebut, menurutnya tindakan ini salah dan keliru.

“LBH Medan mengecam keras Sehubungan dengan adanya tindakan pembubaran diskusi akademis tentang pengungkapan sejarah Indonesia tahun 1965-1966 tertanggal 16-17 September 2017, yang dilakukan oleh kepolisian, begitu pula dengan tindakan-tindakan illegal lainnya berupa pengancaman, penyitaan, dan penggeledahan di gedung YLBHI,” ujar Surya dalam keterangannya, Senin (18/9/2017).

Sebelum diskusi digelar, pihak LBH Jakarta bertemu dengan kepolisian. Dalam pertemuan itu sudah diklarifikasi acara tersebut adalah diskusi akademis bukan seperti yang dituduhkan.

Disepakati pula bahwa acara dapat terus berlangsung asalkan perwakilan pihak kepolisian dapat diizinkan masuk mengawasi konten dan jalannya diskusi tersebut.

Buntut penyerangan itu, LBH Medan melakukan aksi solidaritas di depan kantor sebagai bentuk protes. Aksi yang dilakukan sore tadi di awali dengan konferensi pers yang kemudian ditutup dengan orasi dan membakar ban bekas. Berita Medan, Ardana

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here