Pengungsi Rohingya di Medan
Foto: Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut, Syamsul Qodri Marpaung, (kemeja putih) saat menghibur anak-anak Rohingya di penampungan Hotel Beraspati, Medan, Sumatera Utara, Kamis (7/9/2017) siang.

MUDANEWS.COM, Medan – Wakil Ketua Komisi A DPRD Sumut, Syamsul Qodri Marpaung, menyambangi para pengungsi Rohingya di penampungan Hotel Beraspati, Jalan Jamin Ginting, Medan Sumatera Utara, Kamis (7/9/2017) siang.

Dipenampungan, Syamsul Qodri Marpaung disambut gembira anak-anak pengungsi Rohingya. Dia juga langsung mengajak mereka bernyanyi dan membaca surat-surat pendek Alquran.

“Kedatangan saya kemari ingin melihat secara langsung bagaimana kondisi mereka (pengungsi Rohingya). Dan sekaligus menghibur anak-anak pengungsi agar mereka bisa tersenyum. Karena, bisa melihat mereka tersenyum saja kita sudah ikut gembira dan senang,” kata Syamsul Qodri Marpaung, kepada para awak media di lokasi penampungan.

Sambungnya, kunjungan ini bukanlah yang pertama, dan ia juga berjanji kedepannya akan mengajak para pemuda Rohingya untuk olah raga futsal bersama. Agar saudara-saudara Rohingya bisa tersenyum dan sehat.

“Itu dulu yang bisa kita lakukan saat ini, disamping memikirkan kondisi mereka yang sudah begitu lama disini. Agar mereka mendapat perhatian dan tindakan untuk bisa mendapatkan suaka di negara tujuan,” ujarnya.

Untuk mewujudkan hal itu, lanjutnya, ia berjanji akan menyampaikannya di lembaga DPR dan Komisi A, yang akan memanggil lembaga-lembaga NGO dan UNHCR. Selain itu, dia juga berjanji akan menindaklanjuti surat yang dikirim ke Mendagri ke Kemenlu.

“Kita akan pertanyakan kenapa saudara-saudara kita ini begitu lama tidak di proses,” tandasnya. Berita Medan, Fadli

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here