Kejari Siantar, Bakal Kejar Eks Kadishub Dugaan Korupsi Markah Jalan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Siantar – Kepala Seksi Pidana Khusus, Herianto Siagian akan mengusut kasus yang menyeret nama eks Kadishub Pemko Siantar, Posma Sitorus. Dugaan korupsi ini soal pengadaan markah jalan tahun 2015 yang sebelumnya ditangani Kejaksaan Negeri (Kejari) Siantar.

“Iya lagi ditangani tim kita,” ungkap Herianto ditemui ruang kerjanya, Rabu (31/5/2017).

Diketahui, proyek yang diduga sarat korupsi ini permainan antara Dinas Perhubungan (Dishub) dengan pemborong (kontraktor) dilaporkan oleh Joan Mario Ginting. Laporan itu berdasarkan penelitian pengerjaan marka jalan yang tak sesuai fungsi dan terindikasi pemborosan.

Sedangkan lokasi proyek berada di Jalan Merdeka di bawah jembatan penyeberangan Pasar Horas (Zebra Cross) dan ruas Jalan Ahmad Yani persimpangan Jalan Sisingamangaraja (Stop Line) di depan garis atau sejajar dengan tiang traffick light.

Hasil temuan pelapor, pekerjaan itu terindikasi fiktif lantaran dikerjakan para pegawai dari Dishub Siantar, dan bukan dilakukan kontraktor sebagaimana dalam dokumen konsultan perencanaan.

Kemudian, pengerjaan markah jalan dilakukan manual menggunakan cat genteng, sehingga kondisi markah jalan sudah kabur meski baru dikerjakan 2,5 bulan. Ini terindikasi merugikan keuangan negara sebesar 30 persen dikali Rp 479.972.000 yang jumlahnya menjadi Rp 143.900.000.

Herianto menyampaikan, kasus itu dalam masih dalam meminta keterangan para pihak terkait.

“Sudah direncanakan dipanggil (untuk datang) hari Senin pekan depan, itu dari Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) dan pemborongnya. Saya rencananya yang akan periksa langsung,” tegasnya.

Selain Posma Sitorus, laporan itu juga melibatkan nama penyedia jasa pemborongan, CV Sahat Tua, PPK, Penyedia Jasa Konsultan Perencanaan dan Penyedia Jasa Konsultan Pengawasan. “Pastilah (kasus korupsi) akan kita tangani profesional,” bebernya mengakhiri. Berita Siantar, Deva

- Advertisement -

Berita Terkini