Bermodus Pengusaha, Pencuri Sepeda Motor Berhasil Di Ringkus Polsek Pandan!

Bermodus Pengusaha, Pencuri Sepeda Motor Berhasil Di Ringkus Polsek Pandan!
Kapolsek Tapteng, Bersama Barang Bukti dan Tersangka Pencurian dan Penggelapan

Laporan: Arjuna

MudaNews.com, Tapteng (Sumut) – Tim Buruh Sergap (Buser) Polsek Pandan berhasil meringkus Pencuri bermodus pengusaha, Erison Sihombing, yang merupakan warga Desa Aek Garut, Kecamatan Pandan, Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), Minggu (2/4).

Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolres Tapteng AKBP Hari Setyo Budi, melalui Kapolsek Pandan AKP Parohon Tambunan, saat ditemui awak media diruang kerjanya, Selasa (4/4).

“Jadi, ini kejadiannya hari Jumat, dan dilaporkan pada hari Minggu. Mendapat laporan kita Langsung cek TKP, lidik kita dapat informasi dari tokoh ponsel. Awalnya dia berpura-pura membeli ponsel, layaknya seseorang yang memiliki banyak uang lah, selanjutnya pemilik ponsel memperlihatkan dua unit ponsel dengan harga Rp5 juta kepadanya, lalu diambilnya lari dia,” ungkap Parohon Tambunan.

Sambungnya, selain melakukan pencurian atas dua unit handphone, tersangka juga melakukan penggelapan terhadap satu unit sepeda motor Vario berwarna putih.

“Rupanya setelah kita cek, ada lagi masyarakat yang melapor kepada kita, bahwa sepeda motornya dipinjam dan tidak dikembalikan selama tiga hari. Setelah kita lakukan penyelidikan lebih lanjut, maka terungkap lagi bahwa sepeda motor tersangka ini merupakan sepeda motor masyarakat yang melapor kepada kita, yang dipinjam tersangka namun tidak dipulangkan. Tersangka melakukan aksinya dengan berpura-pura menjadi seorang pengusaha, dengan memakai jacket dan tas, seolah-olah memiliki banyak uang lah, dan itu dilakukannya agar orang percaya sama dia, setelah orang percaya barulah dia melakukan aksinya,” jelasnya.

Lanjut Kapolsek Pandan AKP Parohon Tambunan, menghimbau seluruh masyarakat Kabupaten Tapteng, agar tidak terlalu mudah percaya kepada orang yang baru saja dikenal.

“Disini saya himbau kepada seluruh masyarakat Kabupaten Tapteng, agar jangan terlalu mudah percayara kepada orang yang baru saja kita kenal, mengingat banyaknya modus-modus untuk melakukan tindak kejahatan, yang dilakukan dengan mulai membuat pendekatan terlebih dahulu ke korbannya,” harapnya.

Menurutnya, Polsek Pandan masih terus mendalami kasus pencurian dan penggelapan bermodus seorang pengusaha tersebut.

“Kita masih terus mendalami kasus pencurian dan pengelapan bermodus seorang pengusaha ini,” terangnya.[rd]