Gubernur Sumut, HT Erry Nuradi M. Si usai meresmikan aplikasi Simple Paten
Gubernur Sumut, HT Erry Nuradi M. Si usai meresmikan aplikasi Simple Paten

Laporan: Wahyu Panjaitan

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Gubernur Sumatera Utara HT. Erry Nuradi M. Si merasa optimis tindak pidana korupsi di Sumatera Utara akan berkurang dan Sumut akan menjadi lebih maju dan lebih paten.

Hal itu disampaikan seusai meberikan kata sambutan dalam acara Lauching Aplikasi Pelayanan Perizinan Online atau Simpel Paten (Sistem Pelayanan Perizinan Terpadu Efektif dan Efesien) di Kantor DInas Penanaman Modal dan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu, Jalan KH.Wahid Hasyim, Medan Sumatera Utara, Rabu, (18/1)

“Kalau kita berbicara Korups maka salah satunya adalah system yang harus diperbaiki, negara-negara maju itu indeks presepsi korupsinya baik karena menggunakan system yang baik dan dikelola dengan baik pula,”katanya.

Sebagai contoh, Gubsu menjelaskan tentang bagaimana Singapura dapat menekan angka tindak pidana korupsi berkat perbaikan sistem.

“Lihat seperti Singapore itu, negara mereka tindak pidana korupsi rendah karena mereka menggunakan sistem yang baik, semua urusannya sudah melaui sistem, tidak bertemu person per person lagi cukup bertemu melalui computer, nah inilah yang meminimalisir tindak pidana korupsi, menguranginya dan bahkan bisa menghapuskannya dari Sumatera Utara ini,” jelasnya.

Untuk mewujudkan cita-cita menekan angka tindak pidana korupsi tersebut, Erry berharap seistem yang sudah diperbaiki dapat dijalankan dengan sebaik-baiknya.

”Sistem ini bisa berlangsung dengan baik sehingga Sumatera Utara bisa keluar dari stigma negatif, dengan adanya sistem ini semuanya jadi transparan dan sudah jelas apa persyaratannya,” harapnya.

Ia juga berpesan, ”kalau ada oknum yang melakukan tindak korupsi, itu sifatnya oknum ya, jadi jangan langsung gara-gara oknum yang berbuat langsung dengan cepat kita menyimpulkan bahwa system yang sudah kita buat ini ternyata sia-sia.”

Selain itu, Erry berharap kepada KPK untuk terus melakukan pemantauan terhadap kegiatan-kegiatan Pemerintah Provinsi Sumatera Utara agar berjalan pemerintahan sebagaimana yang diharapkan.[am]

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here