PTPN 3 DSer, Bantu 19 UKM Mitra Binaan Hingga Rp1,3 Miliar

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Meda- Menjalankan program kemitraan dengan masyarakat sekitar, PT Perkebunan Nusantara (PTPN) 3 Distrik Serdang (DSer) 1 mengalokasikan bantuan pinjaman lunak kepada 19 mitra usaha baru dan lanjutan, dengan total Rp1,305 Miliar. Tidak hanya itu, para pelaku UKM tersebut juga diberikan pelatihan kewirausahaan secara gratis.

Hal itu disampaikan SEVP Bidang SDM dan Umum PTPN 3 H Ahmad Gusmar Harahap pada kegiatan Penyerahan Dana Kemitraan dan Pelatihan Kewirausahaan Kepada Mitra Binaan PTPN 3 Triwulan III 2019, Jumat-Sabtu (20-21/9/2019) di Distrik Serdang 1 Gunung Pamela, Sergai. Pihaknya juga bekerja sama dengan pihak asuransi dan Notaris Yunasril sebagai wujud transparansi dan keseriusan perusahaan melibatkan masyarakat setempat.

“Ini juga sesuai Program BUMN untuk Negeri sebagaimana ketentuan Meneg BUMN 02/2017. Kita punya kewajiban untuk menyalurkan dana sebagai wujud kepedulian kepada masyarakat sekitar. Dalam bentuk dana program kemitraan, bina lingkungan dan CSR,” ujar Ahmad Gusmar didampingi GM DSer 1 Luhut Tampubolon Kepala Bagian KBL Unang Kuswono dan Kepala Bidang Umum DSer 1 Dr Ridho Manurung, di Aula Kantor Gunung Pamela, Jumat (20/9/2019).

Untuk saat ini lanjut Ahmad Gusman, dana kemitraan sebesar Rp1,305 Miliar tersebut diberikan kepada 8 UKM mitra binaan lanjutan (lama) dan 11 mitra binaan baru. Dengan harapan agar masyarakat yang dibina, dapat mengembangkan usahanya masing-masing. Sehingga keberadaan PTPN 3 bisa memberikan kesejahteraan kepada masyarakat sekitar.

“Program ini merupakan dana bergulir. Jadi mitra binaan juga punya kewajiban untuk mencicil setiap bulannya. Lamanya 36 bulan atau tiga tahun dengan suku bunga 3 persen per tahun,” jelasnya.

Dirinya juga meminta doa dari masyarakat agar kinerja perusahaan meningkat. Dengan begitu dana yang bisa disisihkan akan lebih besar dan lebih baik lagi.

PTPN 3 DSer, Bantu 19 UKM Mitra Binaan Hingga Rp1,3 Miliar
Peyerahan bantuan

Sementara General Manager (GM) DSer 1 PTPN 3, Luhut Tampubolon menyebutkan bahwa selama ini pihaknya telah menjalin kerja sama dengan mitra binaan dengan baik. Bahkan sudah ada yang mendapat bantuan ketiga kalinya dengan jumlah Rp200 Juta.

“Nanti jika prosesnya lancar hingga selesai, dana yang diberikan bisa lebih besar lagi. Ini bentuk komitmen kita menyejahterakan masyarakat sekitar, yang bukan karyawan,” pungkasnya.

Kegiatan tersebut ditandai pemberian berkas bantuan oleh SEVP Bidang SDM dan Umum PTPN 3 H Ahmad Gusmar Harahap kepada Mora Bumi Nasution, mewakili mitra binaan.

Sedangkan pelatihan kewirausahaan diberikan kepada para mitra binaan dengan menghadirkan pemateri seperti Alwin Ong, Usman Sitorus, Agus Deni Sukanda dan Dr Ridho Syahputra Manurung. Berita Serdang Bedagai, red

- Advertisement -

Berita Terkini