Pemkab Simalungun, Gelar Sosialisasi Badan Usaha Milik Nagori
Sekretaris Daerah (Drs Gidion Purba MSi) didampingi Kadis PMPN (Drs Sarimuda Purba MSI) Kabid UEM TTG (Drs Robert Kenedi Silalahi MSi) dan TA P3MD Kabupaten Simalungun (Arjuna SP) pada Pembukaan Sosialisasi BUMNAG di Gedung PKK Kabupaten Simalungun, Senin (09/09/2019)

MUDANEWS.COM, Simalungun – Pemerintah Kabupaten Simalungun melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (PMPN) menggelar Sosialisasi Badan Usaha Milik Nagori (BUMNAG) pada tanggal 9-12 September di Aula Gedung PKK Pemkab Simalungun Pematang Raya. Kegiatan sosialisasi dilaksanakan dengan maksud membekali para Pangulu (Kepala Desa) agar memahami lebih mendalam mengenai pentingnya Badan Usaha Milik Nagori dan terbentuknya Badan Usaha Milik Nagori di setiap Nagori.

Mewakili Bupati Simalungun, Sekretaris Daerah Bapak Drs Gidion Purba MSi membuka secara resmi kegiatan sosialisasi didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Nagori (PMPN) Kabupaten Simalungun Bapak Drs Sarimuda Purba MSi. Turut hadir Tenaga Ahli Program Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (P3MD) Kabupaten Simalungun, seperti Arjuna (TA-PP), Oby Sahry Pohan (TA-TTG) dan Dewi K Silalahi (TA-PED).

“Melalui BUMNAG ini diharapkan meningkatkan perekonomian Nagori, meningkatkan usaha masyarakat dalam pengelolaan potensi ekonomi Nagori, dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui perbaikan pelayanan umum, pertumbuhan dan pemerataan ekonomi Nagori di Kabupaten Simalungun” demikian arahan Sekdakab Simalungun.

Drs Gidion Purba MSi menambahkan bahwa Bupati Simalungun Dr JR Saragih, SH, MM kembali menerima penghargaan Kepala Daerah Inovatif (KDI) Tahun 2019 oleh Koran Sindo. Yaitu inovasi dalam mewujudkan masyarakat yang sehat dan sejahtera dengan meningkatkan pelayanan Puskesmas sebagai fasilitas pelayanan kesehatan terdepan yang dikelola Pemerintah Daerah. Sekdakab berharap lahir inovasi dari Pembangunan Nagori yang dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat Nagori.

Dalam laporannya, Ketua Panitia Sosialisasi BUMNAG menyampaikan bahwa peserta sosialisasi tersebut sebanyak 344 orang yang terdiri dari 262 Pangulu di Nagori yang belum memiliki BUMNAG dan 82 Pangulu di Nagori yang sudah memiliki BUMNAG namun belum berjalan secara maksimal. Sedangkan narasumber dari Tenaga Ahli P3MD Kabupaten Simalungun yaitu Dewi K Silalahi selaku Tenaga Ahli Pengembangan Ekonomi Desa dan dari Dinas PMPN Kabupaten Simalungun yaitu Robert Kenedi Silalahi selaku Kabid UEM dan TTG.

Pemkab Simalungun, Gelar Sosialisasi Badan Usaha Milik Nagori
Para Pangulu (Kepala Desa) saat mengikuti Sosialisasi Badan Usaha Milik Nagori

Badan Usaha Milik Desa, atau di Kabupaten Simalugun disebut BUM Nagori, adalah badan usaha yang seluruh atau sebagian besar modalnya dimiliki oleh Desa melalui penyertaan secara langsung yang berasal dari kekayaan Desa yang dipisahkan guna mengelola aset, jasa pelayanan, dan usaha lainnya untuk sebesar-besarnya kesejahteraan masyarakat Desa.

Pendirian BUMNag dimaksudkan sebagai upaya menampung seluruh kegiatan di bidang ekonomi dan pelayanan umum yang dikelola oleh desa atau kerja sama antar desa merupakan amanat dari Undang-Undang Desa. Kegiatan sosialisasi akan dilaksanakan 4 hari diharapkan pada tahun 2020 seluruh Nagori di Kabupaten Simalungun sudah memiliki Badan Usaha Milik Nagori. Berita Simalungun, red