KKN 92 Unimal, Sosialisasikan Kewirausahaan dan Pelatihan Pemasaran
Mahasiwa KKN 92 Unimal

MUDANEWS.COM, Aceh Utara – Wirausahawan merupakan orang yang melakukan aktivitas yang dicirikan dengan pandai dan berbakat mengenali produk baru, menghasilkan produk baru, memasarkannya serta mengatur permodalan operasinya, dan menyusun manajemen produksi baru.

Kegiatan ini dilaksanakan pada Selasa, 3 September 2019 pukul 14.00 WIB sampai dengan selesai, di meunasah Meunye Cut Bahagia kecamatan Kuta Makmur kabupaten Aceh Utara.

Kegiatan ini mengikut sertakan masyarakat Gampong Meunye Cut Bahagia dalam pogram sosialisasi kewirausahaan dan pelatihan pemasaran.

“Program sosialisasi ini disambut baik oleh masyarakat Meunyeu Cut Bahagia sehingga kegiatan ini berjalan dengan lancar. Selain itu, anak-anak juga sangat antusias dalam mendengarkan sosialisasi kewirausahaan dan pelatihan pemasaran,” jelas M Abdy Yusuf selaku Ketua KKN, Minggu (08/09/2019).

Tujuan dari kegiatan ini ialah untuk membangkitkan semangat dan menambah pengetahuan masyarakat dalam berwirausaha dengan membentuk unit-unit Usaha Kecil dan Menengah guna membantu peningkatan perekonomian masyarakat, memberikan pengetahuan tentang kewirausahaan dalam rangka untuk peningkatan pendapatan (penghasilan) masyarakat.

“Bekerja untuk memperoleh pendapatan (penghasilan) tidak harus menjadi pegawai pemerintah ataupun menjadi karyawan swasta,” ucap Abdy.

Menurutnya, peluang untuk menciptakan pekerjaan atau lapangan usaha sendiri sangat terbuka bagi siapa saja yang ingin melakukannya baik usaha kecil maupun usaha menengah. Cita-cita dan semangat yang kuat merupakan salah satu hal yang sangat penting untuk memulai dan mengembangkan usaha.

Harapan kegiatan ini dapat mewujudkan dan menghasilkan wirausaha yang nantinya akan mendatangkan banyak manfaat bagi kampung dan masyarakat Meunye Cut Bahagia.

Kegiatan sosialisasi ini dilakukan dan dibantu oleh teman-teman kelompok 92 serta dibimbing oleh Bapak Yuli Asbar S.E.,M.Sc.

Hasil yang dicapai ialah masyarakat dapat menerima dengan baik beberapa informasi terkait kewirausahaan dan pemasaran.

“Masyarakat mendengar dengan baik akan penjelasan dan manfaat dari wirausaha. Hal ini terbukti dengan adanya beberapa pertanyaan dari masyarakat,” tandas Abdy Yusuf.

Di akhir sosialisasi, juga memperlihatkan beberapa video tentang wirausahawan yang sukses. Berita Aceh Utara, AR