Direktorat SDP, Lakukan Pemutahiran Data Potensi SDAB Sumut
Saat di Ruang Rapat Kaharudin lantai VIII Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Utara Jalan Ponegoro No 30 MedanRuang Rapat Kaharudin lantai VIII Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Utara Jalan Ponegoro No 30 Medan

MUDANEWS.COM, Medan – Kegiatan Pemutakhiran Data Potensi Sumber Daya Alam Dan Buatan (SDAB) untuk komponen pendukung Pertahanan Negara di Provinsi Sumatera Utara Tanggal (04/09/2019).

Direktorat Sumber Daya Pertahanan Ditjen Pothan Kemhan melaksanakan kegiatan ” pemutakhiran data potensi Sumber Daya Alam dan Buatan (SDAB) untuk sumber daya pertahanan di Provinsi Sumatera Utara” pada Rabu (04/09/2019) bertempat di Ruang Rapat Kaharudin lantai VIII Kantor Gubernur Provinsi Sumatera Utara Jalan Ponegoro No 30 Medan.

Kegiatan pemutakhiran data potensi SDAB di awali dengan rapat yang dipimpin dan di buka secara resmi oleh Staf Ahli Gubernur Sumut Bidang Ekonomi Keuangan Pembangunan Aset dan SDA, H Agus Tripriyono SE Msi Ak CA di dampingi oleh Kakanwil Kementerian Pertahanan Sumatera Utara Kolonel Adm Tonelson Siburian S.Si M.Si di lanjutkan dengan paparan tentang pendataan Sumber Daya Alam dan Buatan untuk sumber daya pertahanan oleh analis kebijakan madya bidang sarpras Dit Sumdahan Letkol Inf Imam Rochim Hidayat SH MH.

Peserta rapat berjumlah 30 orang pejabat dan staf dinas/instansi satuan kerja perangkat daerah Provinsi Sumut terkait (Dinas Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Energi Sumber Daya Mineral, Kelautan dan Perikanan, Perindustrian, Kehutanan, Lingkungan Hidup, Kesehatan, Bulog, PT Pertamina, BPS, dan Sterdam I/BB) dilanjutkan dengan kegiatan pengumpulan data, pengolahan data, dan pemutakhiran data potensi SDAB bidang logistik wilayah (Logwil) dan cadangan materil strategis (Cadmatstrat).

SDAB merupakan salah satu unsur komponen pendukung, bagian dari sumber daya nasional yang sangat penting dalam mendukung penyelenggaraan pertahanan negara menghadapi ancaman militer yang berfungsi untuk meningkatkan kemampuan dukungan bagi komponen utama dan komponen cadangan.

Kegiatan pemutakhiran data SDAB ini merupakan salah satu kegiatan dalam rangka penataan potensi SDAB pendukung pertahanan berupa pendataan, pemilahan dan pemilihan SDAB yang dapat menjadi komponen pendukung dari aspek SDAB yang di kelompokkan berdasarkan pada kebutuhan bekal TNI, bidang logistik wilayah dan bidang cadangan meteril strategis adalah bahan atau hasil pertambangan serta alat peralatan hasil industri untuk pertahanan yang dipersiapkan sebagai persediaan guna memenuhi kebutuhan pertahanan negara meliputi pangan, bahan bakar dan alat peralatan khusus dan bahan peledak.

Sehingga data yang dibutuhkan berupa data bidang pangan dan palawija, bidang perkebunan, bidang hortikuktura, bidang pertanian, bidang perikanan serta bidang energi dan sumber daya mineral untuk meningkatkan kemampuan dukungan bagi komponen utama dan komponen cadangan.

Kegiatan pemutakhiran data potensi SDAB tersebut dimaksudkan untuk memperoleh data potensi SDAB bidang logistik wilayah dan cadangan meteril strategis untuk komponen pendukung pertahanan negara dari Dinas Teknis Daerah, Badan Pusat Statistik dan Kodam I/BB serta instansi terkait wilayah Provinsi Sumut.

Dengan tujuan untuk memperoleh data jumlah dan kondisi yang akurat tentang potensi SDAB dalam rangka penyiapan komponen pendukung dalam bentuk Logwil, Cadmatstrat dan Industri Nasional di masing-masing daerah wilayah Provinsi Sumut.

Dengan sasaran penyiapan data komponen pendukung aspek SDAB dalam bentuk Logwil, Cadmatstrat dan Industri Nasional dalam rangka penataan komponen pendukung pertahanan negara, adapun hasil kegiatan berupa “Data potensi SDAB bidang Logwik, Cadmatstrat dan Industri Nasional untuk mendukung kekuatan komponen pendukung pertahanan negara wilayah Provinsi Sumut Tahun 2019”. Berita Medan, Fahmi