Mahasiswa KKN Unimal, Praktikkan Pembuatan Manisan dari Pepaya Muda
Ibu-ibu dan mahasiswa KKN Unimal buat manisan pepaya muda

MUDANEWS.COM, Aceh Utara – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Malikussaleh (KKN Unimal) kelompok 43 melakukan praktik pembuatan manisan bersama ibu-ibu Gampong Prie Keutapang, Kecamatan Meurah Mulia, Sabtu (31/08/2019).

Ibu-ibu sangat berpartisipasi dalam kegiatan ini, sekitar 24 ibu-ibu berhadir untuk mencoba praktik pembuatan pepaya muda ini.

Proses pembuatannya memang memakan waktu 2 hari karena harus tahap proses perendaman tetapi praktik ini sangat simple dengan modal pembuatan yang sangat sedikit.

“Hanya mengandalkan kapur sirih, gula dan sedikit gincu untuk mempariasikan warna,” ucap Ketua KKN 43, Sitar, Minggu (1/09/2019).

Aceh utara dengan suhu udara yang panas walau begitu memiliki tumbuhan pepaya yang sangat tumbuh subur dan memiliki buah yang melimpang, namun sayang harga jual beli pepaya itu sangat murah.

Mahasiswa KKN Unimal, Praktikkan Pembuatan Manisan dari Pepaya Muda
Manisan pepaya muda

“Karena itu mahasiswa ingin menaikkan nilai harga jual dari pepaya dengan tidak menjual buah yang masih utuh melainkan yang sudah menjadi hasil olahan manisan,” jelasnya.

Ibu Syarifah umur 56 salah satu warga yang ikut dalam pembuatan manisan pepaya.

“Menurut saya praktek pembuatan manisan pepaya sangatlah mudah dan bahan serta peralatan yang mudah didapatkan dimana-mana dan harga pepaya yang sangat murah membuat saya ingin sekali mengikuti praktik ini siapa tau nanti ini bisa menjadi salah satu usaha saya di rumah,” ungkapnya.

Setelah melihat, ia sudah yakin praktik pembuatan pepaya ini pasti berhasil, hanya dibutuhkan beberapa buah pepaya yang masih mentah serta sedikit tambahan gula dan garam juga pewarna agar terlihat menarik.

“Ini merupakan suatu proses yang sangat mudah karena modal yg tidak seberapa dan apabila dipasarkan akan memperoleh keuntungan yang lebih besar daripada menjual pepaya perbuah saja,” tandas Syarifah. Berita Aceh Utara, AR