Gubernur Sumatera Utara, Pimpin Rapat Koordinasi Pengembangan Kawasan Ekowisata Terpadu
Gubernur Sumatera Utara bersama Bupati Langkat

MUDANEWS.COM, Langkat – Gubernur Sumatera Utara H Edy Rahmayadi memipin rapat kordinasi yang dihadiri Bupati Langkat Terbit Rencana PA bersama beberapa instansi terkait, melaksanakan rapat koordinasi, di Ruang Rapat Lantai 10 Kantor Gubsu, Medan, Kamis (29/8/2019).

Instansi tersebut diantaranya, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Provsu dan Kabupaten Langkat, serta instansi Unit Pelayanan Pengadaan (ULP), Biro Aset dan Dinas Kehutanan Provsu.

Rapat tersebut, guna membahas pengembangan kawasan ekowisata terpadu (Integrated Ecotourism), antara Kabupaten Karo dan Kabupaten Langkat, tepatnya di daerah Tahura Berastagi dan Bukit Lawang serta Tangkahan Kabupaten Langkat.

Gubsu pada rapat tersebut sangat berharap, wisata Tangkahan khususnya dapat menjadi objek wisata andalan bagi masyarakat Sumatera Utara umumnya dan Langkat khususnya, dalam upaya menarik wisatawan baik dalam dan luar negeri.

Untuk mewujudkan harapan tersebut, Gubsu mengatakan, Tangkahan harus ditata secara rapi dan indah, selain itu seluruh infrastruktur yang mendukungnya, seperti jalan menuju lokasi harus mendapatkan perhatian yang serius.

“Semoga dengan begitu, Tangkahan dengan segala keindahan alam yang dimilikinya, dapat merebut hati dan perhatian para wisatawan dalam dan luar negeri, serta membuat wisatawan tidak puas jika hanya sekali berkunjung,” ujarnya.

Sembari mengingatkan, dalam pembangunannya, harus tetap mengedapankan wawasan lingkungan dengan tidak melupakan kearifan lokalnya.

Sementara, Bupati Langkat yang didampingi Sekdakab, Inspektur dan Kadis Kominfo serta Kadis Parbud Langkat, pada rapat tersebut, sangat berharap arahan dari Gubsu, dapat memberikan semangat baru bagi instansi terkait, dalam upaya pengembangan kawasan ekowisata terpadu.

Bupati juga mengatakan, pihaknya akan mendukung dan memfasilitasi secara maksimal, dalam upaya mencapai perencanaan Gubsu tersebut, sebab hal ini sangat sejalan dengan misi dan visinya dalam 5 tahun mendatang, yaitu mewujudkan Langkat yang maju, sejahtera dan religius, melalui pengembangan pariwisata dan infrastruktur yang berwawasan lingkungan.

“Mari bersama kita bangun dan kembangkan wisata Langkat, dengan menciptakan suasana sapta pesona,  yaitu keamanan, ketertiban, kebersihan, kesejukan, keindahan, keramahan dan kenangan. Semoga dengan begitu, wisata Langkat dapat meningkatkan ekonomi kemasyarakatan dan devisa negara,” harapnya.

Selanjutnya, Sekdakab Langkat dr H Indra Salahudin menginformasikan, untuk menindak lanjuti hasil rapat koordinasi tersebut secara nyata dan cepat, tim Disparbud Langkat bersama para Insvestor dan konsultan, akan terjun langsung ke lokasi wisata Tangkahan pada 1 september 2019 mendatang. Berita Langkat, Wahyu