Peran Big Data Analitik Terhadap Media Sosial
Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Medan – Pada masa yang sudah modern ini, setiap platform di internet pasti memerlukan informasi yang sangat luas jangkauan nya. Big data analitik hadir untuk memenuhi kebutuhan para pengguna internet terutama bagi para pengguna sosial media.

Big data analitik sendiri merupakan suatu kumpulan data yang lebih besar dan lebih kompleks, terutama dari sumber data baru. Adapun penjelasan yang paling mudah dimengerti tentang big data adalah pengumpulan dan penggunaan informasi dari berbagai sumber untuk membuat keputusan yang lebih baik.

Big data sendiri bisa dibilang sebagai suatu konsep tentang kemampuan kita para pengguna internet untuk mengumpulkan, menganalisa, dan memahami jumlah data yang data setiap harinya.

Big data juga mempunyai pengaruh yang sangat besar bagi para pengguna smartphone ataupun tablet. Aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone anda tentunya mengumpulkan data untuk keperluan para pengguna smartphone ataupun tablet. Seperti contoh aplikasi GPS ataupun Google Maps tentu juga mengumpulkan data-data yang berhubungan dengan lokasi anda.

Adapun aplikasi bagi para pengguna sosial media seperti contoh nya pengguna Twitter.

Update-an photo dan status yang para pengguna Twitter upload merupakan bagian dari data. Setiap hari nya lebih dari 400 juta tweets yang di kirim ke Twitter. Dan bagi para pengguna Youtube, ada 72 jam video yang diupload setiap menitnya.

Media sosial juga bisa mendapatkan data tentang kontak kita, hal apa saja yang sering kita cari dan hal apa saja yang kita ikuti di sosial media dan kebiasaan para pengguna sosial media.

Big data juga digunakan untuk aktifitas bisnis, mulai dari customer experience, customer complain sampai analytic. Di call centre, sistem CRM (customer relationship management) yang disertai analytic dapat meninjau beberapa sumber data secara langsung untuk menyarankan penawaran yang dapat diberikan perwakilan terhadap pelanggan atau customers.

Meskipun big data memberikan sangat banyak kemudahan bagi para pengguna smartphone atau tablet, bukan berarti tidak ada hambatan atau tantangan dalam menggunakannya. Salah satu kendalanya adalah perusahaan atau company sering hanya menggunakan data tanpa melibatkan manusia. Padalah penggunaan big data memerlukan campur tangan manusia.

Namun pada akhirnya tegnologi big data terus berkemang dan berubah dengan cepat. Jika kita terus mengikuti perkembangan teknologi big data, tetap akan ada tantangan berkelanjutan baik untuk individu maupun organisasi.

Ditulis Oleh :
Kelompok 4 fakultas psikolog kelas A1

Stambuk ’18 Universitas Medan Area
(alm.) Muhammad rizki rivaldy
Fahrani Annisaa
Hafiza K.
Irmawant
Ivan Andreas
Ayu pratiwi Hasibuan
Fitri ardill
Lavenia tri setiani
Meisyara
Tiur romaria manal

(AR)