Jelang Idul Fitri Pemko Sibolga Sidak Ketersediaan Bahan Pangan
Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk ngecek bahan pangan di pasar

MUDANEWS.COM, Sibolga – Bersama Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), Walikota Sibolga Drs HM Syarfi Hutauruk lakukan inspeksi Mendadak (Sidak), Rabu (22/5/2019), evaluasi ketersediaan bahan pangan menjelang Hari Raya Idul Fitri 2019, yang bertujuan untuk menjaga kesetabilan harga dan ketersediaan bahan pokok serta naik turunya inflasi di Kota Sibolga.

“Ini sudah kerja rutin yg tiap tahun kita lakukan, kita mengimbau kepada pedagang, pengecer maupun distributor untuk tidak memanfaatkan situasi dengan menaikkan harga kebutuhan pokok dengan seenaknya,” ungkap Syarfi.

Sambungnya, memastikan bahan pokok di Kota Sibolga mencukupi, sehingga masyarakat tidak perlu berlomba untuk membeli bahan pokok dalam jumlah melebihi kewajaran, hal tersebut dapat menyebabkan kelangkaan dan kenaikan harga.

“Saya sudah coba koordinasi dengan Bupati Humbang Hasundutan, dikatakan stok cabai, bawang merah dan bawang putih tersedia, jika ada bahan kekurangan, kita mengambil dari Humbang Hasundutan,” terangnya.

Lanjut Syarfi, ada sebagian bahan pokok yang mengalami kenaikan seperti gula dan telur di Pasar Sibolga Nauli.

“Tadi kita cek soal gula dan telur mengalami kenaikan kita cek sampai ke gudang, untuk gula Rp 600 ribu/Karung, untuk telur per butir yang besar Rp 1,400 dan yang kecil Rp 1,100/butir,” terangnya.

Upaya untuk menjaga kesetabilan harga, pihaknya telah melakukan pencanangan pasar murah di beberapa titik di Kota Sibolga.

“Upaya lain dari Pemko Sibolga, melakukan pasar murah di beberapa titik, sehingga orang tidak fokus datang ke pasar, dan kita kerja sama dengan Bulog,” tutupnya. Berita Sibolga, Supriadi