Menjelang Bulan Ramadan, Plt Bupati Cek Harga Sembako di Pasar Gelugur

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Labuhanbatu – Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe bersama Kapolres AKBP Frido Situmorang, Dandim 0209/LB Letkol Inf Santoso, Sekda Ahmad Muflih dan sejumlah Kepala OPD usai mengikuti upacara Hari Kesiapsiagaan Bencana di Lapangan Ikabina Rantauprapat, Jumat (3/5/2019) langsung melakukan peninjauan ke Pasar Gelugur Rantauprapat untuk mengecek harga sembako menjelang bulan suci Ramadan 1440 H.

Plt Bupati Labuhanbatu Andi Suhaimi Dalimunthe selesai melakukan pengecekan harga sembako di Pasar Gelugur Rantauprapat mengatakan, dalam hal ini pihak bulog harus dapat menstabilkan harga pangan yang naik menjelang bulan suci Ramadan.

“Harga-harga sudah mulai naik menjelang bulan puasa, dan kenaikan yang sangat signifikan yaitu bawang merah dan cabai merah, tadi sudah kita cek, dan ternyata kenaikan memang berasal dari pengepul atau distributornya langsung, karena persediaan memang tidak ada,” ujar Plt Bupati Labuhanbatu.

Selanjutnya Andi Suhaimi mengatakan, untuk mengantisipasi dan menseterilkan kenaikan harga pangan tersebut, nantinya Pemkab bekerjasama dengan Bulog cabang Rantauprapat akan melaksanakan pasar murah, sehingga diharapkan akan memberikan kemudahan bagi masyarakat.

“Kami dari Pemkab akan terus memantau harga-harga sembako menjelang bulan puasa, sehingga harga-harga bisa menjadi stabil, kami juga berharap kepada Bulog kiranya dapat berperan aktif dalam upaya menstabilkan harga sembako di Labuhanbatu,” tutur Andi.

Keterangan Melda, seorang pedagang kelontong mengatakan, harga sembako mengalami kenaikan menjelang bulan ramadhan, seperti gula, beras dan kacang tanah, menurutnya, kenaikan harga dimulai dari pengepul/toke.

Disisi lain Simangunsong menjelaskan untuk kenaikan yang sangat signifikan yakni bawang putih dengan harga Rp. 56.000,- per kilo dari harga Rp. 24.000,- per kilo kenaikan harga mencapai 50%, kemudian untuk bawang merah harga masih normal, sedangkan cabai merah naik hingga Rp. 42.000,- per kilo.

“Kenaikan harga bawang putih dikarenakan stok yang menipis dari kota Medan, kalau cabai kami datangkan setiap hari dan diambil langsung dari pengepul di Berastagi, kalau bawang merah kami datangkan dari Solok, dan harganya pun masih normal,” tuturnya.

Untuk harga kacang tanah naik hingga harga Rp. 20.500,- dari Rp. 19.300,- di pengepul, sedangkan harga daging lembu saat ini masih normal, tetapi kemungkinan ada kenaikan di hari-hari berikutnya, untuk harga daging ayam naik hingga Rp. 30.000,- per kilo. Berita Labuhanbatu, Arjuna

- Advertisement -

Berita Terkini