Karang Taruna Berwirausaha
Foto: Gubsu Erry Nuradi didampingi Ketua Karang Taruna Sumut Solahuddin Nasution (tiga kanan) penyerahan bantuan kepada karang taruna.

MUDANEWS.COM, Deliserdang – Gubernur Sumatera Utara (Gubsu) Tengku Erry Nuradi menyerahkan bantuan 34 unit peralatan penunjang kegiatan wirausaha kepada kelompok ekonomi Karang Taruna desa/kelurahan se Sumatera Utara.

Penyerahan itu bertepatan pada puncak acara Bulan Bakti Karang Taruna Tingkat Provinsi Sumatera Utara tahun 2017 yang dilaksanakan di lapangan Sekata Desa Hamparan Perak, Kecamatan Hamparan Perak, Kabupaten Deliserdang, Senin (20/11/2017).

Bantuan usaha ekonomi produktif kepada 34 kelompok karang taruna desa/ kelurahan se Sumut berupa mesin kompresor, mesin jahit, pengaduk dodol, oven, teratak, kompor gas, papan bunga ucapan selamat, rice cooker dan lain sebagainya. Bantuan itu diharapkan menjadi dukungan dalam berbagai kegiatan wirausaha anggota karang taruna.

Selain menyerahkan bantuan, Gubsu juga memberikan penghargaan kepada 89 camat dan kepala desa/ lurah se Sumut sebagai pembina teladan Karang Taruna berprestasi di Sumut.

Gubernur dalam sambutannya meminta segenap anggota Karang Taruna menjadikan momentum Bulan Bakti Karang Taruna sebagai pemacu dan pemicu untuk meningkatkan kemampuan dan profesional. “Saya berharap Karang Taruna semakin eksis khususnya dalam menciptakan lapangan kerja sekaligus mengurangi pengangguran,” ujarnya.

Pelaksanaan kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna digelar setiap tahun bergilir di setiap kabupaten kota yang dihadiri penggiat Karang Taruna tingkat desa/kelurahan dan para kepala desa dan lurah berprestasi di bidang karang taruna.

Ketua Panitia , Kepala Dinas Sosial Rajali mengatakan tujuan kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna dalam rangka memotivasi warga karang taruna untuk menjadi perekat persatuan dalam keberagaman kehidupan bermasyarakat. Disamping itu Bulan Bakti juga dalam upaya mewujudkan kesejahteraan sosial bagi anggota karang taruna dan masyarakat.

Tahun ini 1.500 sepeda motor bagi tiga pilar plus di desa, keluraham, salah satunya untuk pembina karang taruna berprestasi. Demikian juga kami ucapkan terimakasih kelompok ekonomi 34 unit, kepada seluruh warga terimakasih atas seluruh dukungan.

Rajali menjelaskan dalam kegiatan Bulan Bakti Karang Taruna 2017 dilaksanakan antara lain penilaian karang taruna teladan di 33 kabuaten/kota, pengecatan rumah ibadah dan bangunan tua etnis melayu, pemugaran situs sejarah Guru Patiumpus, penghijauan, pembangunan tugu dan Gapura Karang Taruna, gotong royong kebersihan kawasan pemukiman, donor darah diikuti 300 peserta, perbaikan rumah warga sebanyak 3 unit, pemberian bantuan kegiatan usaha karang taruna sebanyak 34 kelompok. “Semuanya sebagai wujud perhatian Pemprovsu kepada anggota karang taruna yang merupakan poteni sosial yang besar,” kata Rajali.

Dalam kesempatan itu Gubsu meresmikan tugu Karang Taruna di Desa Hamparan Perak dengan menandatangani prasasti yang ada.

Sebelumnya, Ketua Karang Taruna Sumut Solahuddin Nasution, menyebutkan aktivitas Karang Taruna di Sumut semakin meningkat dan eksis. Dia menyambut gembira bantuan usaha ekonomi produktif kepada karang taruna desa/ kelurahan se Sumut. “Saya yakin ini akan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya oleh para kelompok untuk sebagai kader penggiat wirausaha di lingkungan masing-masing,” kata Solahuddin.

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Kepala Dinas Sosial, Rajali, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa, Aspan Sofian, Ketua Karang Taruna Sumut Solahuddin Nasution, Pengurus Karang Taruna Kabupaten/kota, camat, lurah, kepala desa se Sumatera Utara. Berita Deliserdang, Ahmad