Pekan Pasar Petani Sumut 2017, Produk Lokal Harus Masuk ke Internasional

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Deli Serdang – Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi berharap produk petani lokal harus bisa menembus pasar internasional.

Hal tersebut diungkapkan Tengku Erry saat membuka Pekan Pasar Petani Sumut 2017 di lapangan KB kompleks Pemerintahan Kabupaten Deli Serdang di Lubuk Pakam, Selasa (12/09/2017). Dalam acara itu juga dilakukan penandatanganan Memorandum of Understanding antara petani dan pelaku usaha.

“Pekan Pasar Petani yang ke-14 ini bertujuan untuk membangun kerjasama pemasaran berbagai komoditas unggul, langsung kepada konsumen dan pelaku usaha, membangun kemitraan serta mempromosikan produk-produk unggulan Sumut. Seperti halnya rambutan Brahrang dari Binjai, pisang barangan dari Deli Serdang, salak Sidempuan, salak pondoh Tiga Juhar (ponti), duku Tembung, beras organik Serdang Bedagai dan Deli Serdang dan masih banyak lagi,” kata Tengku Erry

Dalam kesempatan itu, tengku Erry Berharap agar para peserta dan petani di Sumut semakin memperbaiki kualitas produknya. Agar produk Sumut semakin dikenal masyarakat luas. Baik ditingkat lokal, nasional maupun pasar global.

“Seiring dengan adanya perubahan pola konsumsi masyarakat dunia yang mulai cenderung mengarah kepada produk organik atau kembali ke pola lama maka kepada seluruh pemangku kebijakan baik Provinsi maupun Kabupaten Kota agar dapat mengembangkan berbagai produk organik yang ramah lingkungan,” kata Tengku Erry.

Sebelumnya Kadis Tanaman Pangan dan Hortikultura M Azhar Harahap mengatakan, bahwa Pekan Pasar Petani Provsu Tahun 2017 Dinas Pertanian Kabupaten Kota bekerja sama dengan petani, kelompok tani dan gabungan kelompok tani dan SKPD Provsu serta stakeholder bidang pertanian seperti Bulog Divre Sumut.

Pekan Pasar Petani akan digelar selama empat hari mulai 12 sampai 15 September 2017. Rangkaian kegiatan dalam gelaran tersebut diantaranya pameran komoditi tanaman pangan dan hortikultura unggulan sumut, lomba buah unggulan Sumut, lomba merangkai buah dan sayur, lomba mengukir buah, dan investmen forum.

Selain itu juga ada perlombaan yang melibatkan pelajar dari tingkat taman kanak-kanak sampai sekolah menengah pertama yaitu lomba mewarnai, menggambar dan pidato.

“Juga ada penjualan produk pertanian unggulan Sumut yang pada hari terakhir akan dilakukan evaluasi jumlah transaksi selama berlangsungnya pekan pasar petani. Selain itu juga dilakukan penandatanganan MoU atau nota kesepahaman antara petani dan pelaku usaha,” pungkasnya. Berita Deli Serdang, Yogoy

- Advertisement -

Berita Terkini