Ilustrasi

MUDANEWS.COM, Jakarta – Untuk keselamatan para pesepeda motor dalam perjalanan balik Lebaran 2017, Kemenhub mengimbau agar memanfaatkan angkutan gratis kapal laut dari Tanjung Mas Semarang ke Tanjung Priok Jakarta.

“Kemenhub menganjurkan bagi pengguna sepeda motor pada masa arus balik lebaran lebih baik memanfaatkan program angkutan gratis dengan kapal laut. Jadi sepeda motor dan dan penumpangnya diangkut gratis dengan kapal laut. Ini merupakan solusi yang lebih selamat, aman dan tanpa melelahkan,” jelas Kepala Biro Komunikasi Publik Kementerian Perhubungan, J. A. Barata di Jakarta, Selasa (27/6).

Penggunaan sepeda motor sebagai angkutan mudik lebaran masih menjadi pilihan pemudik dan terus meningkat setiap tahunnya. Melihat data kecelakaan tahun 2016, kecelakaan lalu lintas mencapai 2979 kecelakaan, dan 70% dari jumlah tersebut merupakan kendaraan roda dua (motor). Kecelakaan tersebut disebabkan oleh beberapa faktor seperti kelelahan. Kemenhub menganjurkan pemudik yang akan kembali ke Jakarta memanfaatkan program angkutan gratis dengan kapal laut bagi pengguna sepeda motor.

Barata mengatakan, pemudik sepeda motor khususnya pada saat arus balik harus mempunyai persiapan yang ekstra dibanding saat arus mudik ke kampung halaman.

“Biasanya pada saat arus balik, spirit dan euforia pengendara motor sudah berkurang, demikian juga energi dan perbekalan. Tentu ini juga ini berpengaruh pada tingkat konsentrasi dan daya tahan tubuh (kelelahan) dapat membuat risiko lebih berbahaya dalam mengemudi di jalan,” terang Barata.

“Dengan angkutan gratis kapal laut, para pesepeda motor yang akan kembali ke Jakarta dapat lebih selamat, aman dan nyaman menikmati perjalanan sambil beristirahat. Di kapal juga tersedia makan gratis,” lanjut Barata.

Untuk itu, Kemenhub masih membuka program mudik gratis untuk arus balik ke Jakarta dengan kapal laut melalui Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang.

“Ayo segera daftarkan. Masih ada slot tersedia dengan keberangkatan melalui Pelabuhan Tanjung Emas di Semarang pada tanggal 29, 30 Juni dan 2, 4, 6 Juli 2017,” terang Barata.

Pendaftaran mudik gratis dengan kapal laut dapat melalui online maupun offline, di antaranya, melalui online http://mudikgratis.dephub.go.id/ atau dapat datang langsung ke Pelabuhan Tanjung Emas. Untuk info pendaftaran dapat menghubungi Sdr. Alvhano melalui nomor (081298802017).

Program mudik gratis oleh Kemenhub ini bertujuan meningkatkan keselamatan perjalanan serta menekan jumlah penggunaan kendaraan pribadi, khususnya sepeda motor untuk masa lebaran 2017. (ka)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here