Penambahan waktu operasional bandara asal dan tujuan penerbangan mudik 2017 hingga pukul 24.00 waktu setempat.
Penambahan waktu operasional bandara asal dan tujuan penerbangan mudik 2017 hingga pukul 24.00 waktu setempat.

MUDANEWS.COM, Medan – Untuk memberikan kenyamanan kepada masyarakat dalam melakukan mudik Lebaran 2017, seluruh terminal transportasi darat, laut, dan udara di Provinsi Sumatera Utara melakukan pembenahan.

Untuk transportasi udara, pihak Bandara Kualanamu telah menerima pengajuan penambahan penerbangan (extra flight) dari tujuh maskapai penerbangan dengan rincian tiga maskapai untuk penerbangan internasional dan empat maskapai untuk penerbangan domestik.

Branch Communication And Legal Manager Bandara Kualanamu, Wisnu Budi Setianto mengatakan, tiga maskapai penerbangan yang mengajukan extra flight untuk penerbangan internasional adalah Jetstar dengan empat penerbangan tambahan untuk rute Singapura ke Kualanamu dan sebaliknya mulai 18 Juni hingga 25 Juni.

Kemudian Silk Air dengan delapan penerbangan tambahan untuk rute Singapura-Kualanamu-Singapura mulai 22 Juni hingga 24 Juni dan 1 Juli hingga 4 Juli. Selain itu, Sriwijaya Air untuk satu penerbangan tambahan dengan rute Kualanamu-Penang mulai 15 Juni hingga 11 Juli.

“Jadwal extra flight penerbangan internasional dimulai tanggal 18 sampai 25 Juni,” kata Wisnu, seperti ditulis Sabtu (17/6).

Selanjutnya untuk extra flight penerbangan domestik ada 4 maskapai, yaitu Garuda Indonesia, extra flight 4 dengan rute KNO-CGK-KNO mulai 29 Juni hinga 8 Juli untuk pesawat berbadan lebar (Wide Body).

Citilink extra flight dengan 6 tambahan untuk rute KNO-CGK-KNO mulai 16 Juni hingga 30 Juni dan 1 Juli hingga 2 Juli. Lion Air extra flight mencapai 8 penerbangan dengan rute KNO-PKU dan KNO-PDG mulai 15 Juni hingga 10 Juli. Terakhir Sriwijaya Air, extra flight untuk 2 penerbangan dengan rute KNO-CGK mulai 15 Juni hingga 7 Juli.

“Selain pengajuan extra flight untuk penerbangan internasional dan domestik, Bandara Kualanamu juga akan beroperasi 24 jam untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat selama mudik,” jelas Wisnu.

Disinggung mengenai puncak lonjakan penumpang di Bandara Kualanamu diprediksi akan terjadi pada H-2 dan H-1 sebelum lebaran, atau hari Jumat, 23 Juni dan Sabtu 24 Juni mendatang. “Biasanya d tanggal-tanggal segitu,” Wisnu menandaskan. (ka)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here