Dukung Pariwisata Danau Toba, Bandara Silangit Buka Rute Internasional

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Jakarta – Pemerintah akan menjadikan Bandara Silangit, Sumatera Utara akan melayani rute internasional. Hal ini untuk mendorong wisatawan internasional mengunjungi Danau Toba.

Menteri Pariwisata Arief Yahya mengatakan, Bandara Silangit akan ditetapkan melayani rute penerbangan internasional pada 2017. Saat ini maskapai yang sudah berkomitmen akan membuka rute penerbangan internasional adalah Sriwijaya, dengan rute Singapura-Silangit.

“Yang sudah confirm kemarin Sriwijaya mau terbang dari Singapura,” kata Arief, di kantor Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman, Jakarta, Senin (12/6).

Arief menuturkan, rute internasional dari Singapura memiliki keunggulan, karena negara tersebut merupakan penghubung penerbangan dari negara lain, dengan begitu akan mempermudah wisatawan menuju Danau Toba.

“Kita dapat dari Singapura, kita dapat dari mana-mana. Karena Singapura itu sebagai hub kan, orang datang ke sana. Jadi memang kita harus mengejar ke sana,” jelas Arief.

Selain mempersiapkan akses dari udara, pemerintah juga ‎sedang menyediakan akses dari darat, dengan membuat Jalan tol Medan -Tebing Tinggi yang saat ini sedang dalam proses pembangunan.

Selain itu juga modal pembangunan jalur kereta dari Medan ke Pematangsiantar sudah diputuskan berasal dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).

‎”Tergantung anggaran, kalau ada anggarannya, harusnya tahun ini. Perlu sekitar Rp100 miliar. Dari APBN. Karena kalau kereta semuanya di bawah Ditjen Kereta. Kalau keretanya sendiri dari PT KAI,” tutur Arief. (ka)

- Advertisement -

Berita Terkini