Harga Bawang Putih di Pasar Tradisional Pandan Beranjak Naik Sejak Dua Pekan Lalu

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANEWS.COM, Berita Tapteng – SUMUT. Harga bawang putih di pasar tradisional Pandan, merangkak naik sejak dua pekan lalu. Kenaikan harga bawang putih tersebut diduga akibat pasokan bawah putih di Kabupaten Tapanuli Tengah (Tapteng), menurun dan permintaan konsumen semakin meningkat.

Salah seorang pedagang sembako bu Ricky Panggabean, mengatakan kenaikan dari dua pekan lalu sudah mencapai kisaran Rp 50 ribu per kilogram.

“Naik semua, bawang putih aja naik Rp 50 ribu/kg yang sebelumnya Rp 33 ribu,” ucapnya, Rabu (26/4).

Sambungnya, tidak tau pasti apa penyebab naiknya harga bawang putih, dia menduga kurangnya pasokan yang masuk di Tapteng memicu naiknya harga sejumlah bahan bumbu dapur.

“Bawang merah juga mengalami kenaikan dari Rp 18 ribu per kg sekarang sudah Rp 32 ribu per kg,” ucapnya.

Lanjut, tidak itu saja, harga cabai bulat dan beberapa bahan bumbu dapur lainnya juga turut mengalami kenaikan yang cukup signifikan.

“Harga cabai bulat juga naik Rp 15 ribu per kg dari sebelumnya Rp 11 ribu per kg, harga cabai giling juga naik Rp 24 ribu per kg dari sebelumnya Rp 18 ribu per kg, begitu juga dengan tomat sekarang Rp 10 ribu per kg dari sebelumnya cuma Rp 6 ribu per kg,” terangnya.

Bu Ricky, mengharapkan agar kondisi harga yang tidak stabil bisa segera teratasi, sehingga tidak berdampak pada penurunan sejumlah pelanggannya akibat kenaikan harga.

“Mudah-mudahan harganya bisa stabil jadi masyarakat bisa menjangkau harga dan menambah minat beli masyarakat,” harapnya. Berita Tapteng, Arjuna

- Advertisement -

Berita Terkini