Sah…Pajus Sibolga Diresmikan

Sah...Pajus Sibolga Diresmikan
Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat peresmian Pajus

Laporan : Fathir

MUDANews, Sibolga (Sumut) – Pusat Jajanan Kuliner di Pantai Ujung Kota Sibolga diresmikan. Pasar yang dinamai Pajus itu diresmikan sekaligus dalam acara Hari Jadi ke-317 Kota Sibolga, Senin (03/4/2017).

Pantai Ujung Sibolga (Pajus) akan dikembangkan oleh pemerintah setempat sebagai pusat wisata bahari dalam rangka ikut ambil bagian atas pengembangan Kawasan Strategis Nasional Pariwisata Danau Toba.

“Pusat jajanan yag dibangun di tepi pantai yang indah ini semoga bisa menjadi salah satu destinasi wisata andalan di Kota Sibolga yang akan ikut mendongrak perekonomian masyaakat,” kata Gubernur Sumut Tengku Erry Nuradi saat peresmian.

Tengku Erry memuji langkah Pemko Sibolga yang mengembangkan wisata dengan pembangunan pusat wisata kuliner yang berada di tepi pantai yang sangat indah.

“Ini tidak saja mendukung pembangunan wisata namun sekaligus mendorong pengembangan perekonomian usaha mikro dan kecil ,” ujar Erry disela peresmian.

Sibolga dan Tapteng memiliki potensi wisata yang menarik baik dari wisata bahari maupun wisata religi. Sehingga berpeluang berkembang maju bersama KSN Danau Toba.

Sementara itu Walikota Sibolga Syarfi Hutauruk mengatakan pihaknya akan mengembangkan lokasi pantai Ujung sebagai pusat wisata kuliner pantai. “Pajus adalah pusat kuliner khas Sibolga dan pesisir yang dikombinasikan dengan wisata laut. Di sini akan ada aktivitas memancing dan dapat diolah dan langsung bisa dinikmati,” kata Syarfi.

Menurutnya gerai yang sudah diresmikan oleh Gubsu sudah terisi. Nantinya lokasi Pantai Ujung akan terus kembangkan. Kami yakin Sibolga akan mendapat limpahan wisatawan dari KSN Danau Toba yang akan dikembangkan sebagai tujuan wisata berkelas dunia oleh pemerintah pusat. Sebagai wilayah yang berdekatan dengan KSN Danau Toba, menurutnya Sibolga memiliki peluang untuk mendapatkan keuntungan dari pengembangan KSN Danau Toba.

“Turis-turis yang berkunjung di Danau Toba akan mencari destinasi lain di sekitarnya. Mereka pasti tertarik dengan wisata pantai untuk berjemur, kita akan tangkap limpahan (turis) dari Danau Toba,” kata Syarfi.

Pada kesempatan yang sama Gubsu juga meresmikan soft launching aplikasi e-perizinan Kota Sibolga, penandatanganan prasasti puskesmas rawat inap dan ambulans 24 jam serta MoU Pemko Sibolga dengan USAID IUWASH Plus.

Gubsu dan Ketua TP PKK Ny Evi Diana Erry Nuradi juga menyerahkan bantuan CSR Bank Sumut berupa 17 ribu bibit cabai kepada seluruh Ketua TP PKK kelurahan. Bibit cabai ini akan ditanam di lingkungan pekarangan dan diharapkan mengantisipasi kenaikan harga cabai menjelang puasa Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.[rd]