Tanggapi Bantuan Pemerintah, Alween Ong: Yang Melemahkan Adalah Kurangnya Pendataan

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Aulia Alfandry

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Banyak bantuan saat ini yang diberikan oleh baik pemerintah maupun pihak swasta terhadap masyarakat yang ingin berkecimpung di dunia wira usaha atau entrepreneur. Seperti halnya yang dilakukan oleh Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) Republik Indonesia.

Saat ini masyarakat sudah lebih dipermudah dengan adanya arus bantuan dan informasi yang berkembang dan terus mengalir.

Demikian juga yang disampaikanoleh Alween Ong selaku entrepreneur yang saat ini telah menduduki masa kesuksesannya dalam usia yang tergolong sangat muda, ketika disambangi MUDANews.com di tempat usaha percetakan yang selama ini digandrunginya dengan nama Narsis Digital Printing, di Grand Palladium Mall lT. 2, Jl. Kapten Maulana Lubis, Medan Petisah, Senin (20/2)

Namun Alween menilai hal ini masih perlu mengalami banyak perbaikan dalam sistem yang dibangun untuk menyalurkan bentuan dan mengembangkan wira usaha terutama dalam sektor UKM.

Ia menilai bahwa kekurangan tersebut terdapat pada lemahnya pendataan oleh pemerintah dan pihak lainnya dalam penyaluran bantuan usaha itu.

“Pemerintah saat ini juga sangat mendukung. Hanya saja ada beberapa poin yang harus kita perbaiki bersama. Benar bahwa pemerintah banyak mengucurkan dana bantuan terhadap dunia wira usaha, namun sampai saat ini yang melemahkan dalam menyalurkan bantuan itu dalah kurangnya pendataan oleh pemerintah guna memberikan bantuan tersebut, hingga sampai saat ini masih banyak terjadi salah sasaran dalam memberikan bantuan tersebut,” papar Alween.

“Kita boleh cek pendataan di setiap dinas-dinas terkait, pasti tidak ada data yang konkret dan sinkron,” imbuhnya

Untuk itu Alween mengimbau kepada seluruh elemen baik pemerintah maupun pegiat usaha untuk saling bersinergi dan bahu membahu untuk menyelesaikan permasalahan ini.

“Harapannya setiap pegiat usaha lebih aktif dan mau bersinergi terhadap pemerintah dan pihak terkait agar pendataan dapat dilakukan dengan benar hingga bantuan dapat disalurkan dengan tepat sasaran,” saran Alween.

Alween juga menyoroti prilaku masyarakat yang saat ini tengah memulai untuk terjun ke dunia wira usaha. Ia menyayangkan di mana banyak masyarakat yang masih berpola pikir instan, atau hanya ingin cepat sukses dan kaya, dan hanya mau berpangku tangan terhadap bantuan pemerintah.

“Kesalahannya adalah banyak masyarakat yang punya mainset berpikir bahwa pemerintah harus membantu mereka, sementara dalam dirinya sendiri tidak memantaskan dirinya untuk menerima bantuan,” ujarnya.

Kepada masyarakat yang hendak memulai dunia entrepreneur, Alwen berpesan agar mereka tidak berpola pikir instan dan terus menikmati proses dalam merintis usaha mereka.

“Masyarakat tinggal menumbuhkan motivasi dan keberanian, juga yang paling penting mau bersusah payah menjalani prosesnya. Dan tidak berpikir instan. Pemerintah saat ini juga sudah sangat mendukung,” saran Alween.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini