Kisah Penjual Layang-Layang Jalan Karang Sari

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Dian Rahmad

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Layang-layang sangat erat dengan permainan orang Indonesia, dari dulu sampai hari ini sangat banyak yang memainkan layang-layang/layangan, baik dari yang muda hingga yang tua untuk memanjakan anakanya. Lagu anak anak tentang layang-layang juga masih sering dinyanyikan di tingkat Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) dan Taman Kanak-kanak (TK)

Memang sangat jarang sekarang ditemukan penjual layang-layang, dulunya di tahun 90-an hingga awal 2000-an layang-kayang sangat gampang ditemukan, bahkan di warung warung kecil pun bisa ditemukan.

Penampakan berbeda ditemukan di Jalan Karang Sari/Karya Kaya dekat markas TNI Angkatan Udara Soewondo. Terdapat penjual layang-layang tradisional dengan ukuran lebih besar dari layang-layang pada umumnya. Layang-layang di tempat tersebut dibuat dari kain parasut dan tulang dari kayu yang lebih kuat dari biasanya.

Annisa, penjual layangan, saat diwawancarai mengatakan bahwa masih ada beberapa orang pembeli, yang menurut pengakuan pembeli ingin bernostalgia dan menyenangkan anak sehingga ada yang membeli layangan.

“Gak terlalu banyak yang beli, ada beberapa yang ngakunya mau main-main ke Bukit Kubu (taman rekreasi di Kab. Karo, red) main layangan besar dari kain parasut ini. Ini lebih kuat dan bisa lebih tinggi terbangnya” ujar Annisa saat ditemui di tempat penjualan layang-layang, Jumat (10/2).

Perempuan berjilbab ini juga berharap agar permainan ini masih banyak yang memainkan sekaligus menjaga tradisi anak-anak agar tetap mengenal dan mainkan layang-layang.

“Zaman sekarang anak anak udah megang gadget, jadi sedikit yang kenal sama layang-layang, ditambah lagi lapangan untuk nerbangkan layang-layang payah dicari, dimana lagi bisa main layang-layang? Makanya jauh-jauh pigi ke bukit kubu sana biar bisa main layangan. Semoga masih bisa terjaga tradisi kita, saya bantu menjualnya saja,” demikian Annisa.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini