Sidoarjo, Jawa Timur; Petani dan Buruh Tolak Penutupan Pabrik Gula

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

MUDANews.com, Sidoarjo (Jatim) – Pabrik Gula (PG) Watoetoelis dan PG Toelangan yang berada di Wilayah PT. Perkebunan Nusantara (PTPN) X Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur direncanakan  akan ditutup. Hal ini mendapat gelombang protes dari petani dan buruh pabrik gula.

Dalam hal ini mereka mengeluhkan sulitnya untuk mendapatkan bahan baku guna meningkatkan kapasitas produksi PG yang rencananya akan ditutup tersebut.

“Permasalahan PG jangan hanya dilihat dari sisi lahan dan kapasitas produksi, namun juga sisi petani dan buruh,” kata Anggota Komisi VI DPR RI Idris Laena seperti dilansir dalam situs resmi Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (dpr.go.id), Jumat (20/1)

Ia juga mengatakan bahwa hal yang menjadi permasalahan PG tersebut terancam tutup bukan hanya semata-mata sisi lahan dan kapasitas produksi yang kurang, tapi pemerintah juga harus melihat dari sisi petani. Ia mengatakan bahwa petani merasa dipersulit dan dibeda-bedakan dalam memperoleh bahan baku.

Padahal, tambahnya, jika hal tersebut dapat terpenuhi maka pemenuhan dalam kapasitas produksi pada Pabrik Gula tersebut akan dapat terpenuhi.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini