Keluh Kesah Pedagang Kuota Internet

Breaking News

- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -
- Advertisement -

Laporan: Dian Rahmad

MUDANews.com, Medan (Sumut) – Di zaman yang serba maju ini, kebutuhan internet menjadi kebutuhan yang diprioritaskan semua kalangan, mulai dari anak sekolah, mahasiswa, karyawan hingga pelaku-pelaku bisnis online tentunya. Yang dulunya internet hanya bisa diakses melalui pc atau komputer, sekarang ini hanya bermodalkan smart phone semua orang bisa asyik berselancar di internet.

Fenomena ini tentunya sangat menguntungkan bagi penjual kuota internet yang memanfaatkan kebutuhan masyarakat terhadap kuota internet untuk mencari nafkah dari penjualan-penjualan kuota. Potret penjualan kuota internet ini pun beragam-ragam, ada yang menggunakan sepeda motornya sambil keliling, menggunakan meja kecil bahkan menjual dengan mobil sebagai tempat menjajakan barang dagangannya.

Putri, (23) adalah salah satu penjual kuota internet di jalan pancing/willem iskandar tepatnya di komplek mmtc mengaku menikmati profesinya sebagai pedagang kuota internet. “Kalau berdagang itu enak, gak ada yang ngatur, gk ada yang marahi, kita yang mengatur sendiri pendapatan, kalau mau banyak pendapatan ya rajin buka, kalau malas ya sedikit pendapatan” ujar putri.

Perempuan lulusan sarjana sosial dari kampus ternama di kota medan ini mengaku dalam berdagang kuota ini ada suka dukanya, “ya sukanya kalau barang dagangan banyak laku, kalau dukanya nanti barang gak banyak yang laku ditambah lagi, ada pengutipan ini itu, paham lah abang itu, apalagi kalau ada razia.” tandas putri. Putri juga mengaku dia beralih menjadi pengusaha karena sekarang cari kerjaan sulit, “daripada gak jadi apa, gak ada pemasukan ya berjualan kuota bang, toh sekarang saya menikmati dan menekuni usaha ini.” Ucap putri

Putri berharap pemerintah memberikan tempat bagi penjual kuota internet, “dulu yang jualan disini gak sebanyak ini, sekarang udah ada 15 sampai 25 perharinya, kan enak kalau jalan pancing ini ada tempat khusus yang disediakan untuk beli kuota internet”. Putri juga menyampaikan penghasilannya per hari “kalau banyak yang beli dapat 100 rb – 200 rb, kalau nanti sedikit yang beli ditambah lagi hujan 40 rb udah lumayan bang.” Demikian putri.[jo]

- Advertisement -

Berita Terkini