KKN 51 Unimal, Sebut Berprestasi Taman Baca 'Giat Asih' 
Taman Baca Masyarakat Gampong Rayeuk Paya Itek

MUDANEWS.COM, Aceh Utara – Gampong Rayeuk Paya Itek adalah salah satu desa yang terdapat di Kecamatan Meurah Mulia, Aceh Utara. Desa ini memiliki geografis yang strategis, berada di jalan Putroe Beutong, dan tidak begitu jauh dari pusat Kecamatan. Desa yang tidak begitu luas tersebut terdiri dari tiga dusun yang dikelilingi oleh persawahan yang begitu luas sebagai salah satu potensi desa.

Memiliki jumlah penduduk yang tidak terlalu banyak tidak membuat desa Rayeuk Paya Itek tertinggal dari desa desa lainnya. Desa dengan 120 kk tersebut dinobatkan sebagai desa terbaik se Kabupaten Aceh Utara pada tahun 2017.

Taman Bacaan Masyarakat “Giat Asih” merupakan pusat perpustakaan gampong yang juga berfungsi sebagai pusat kegiatan belajar masyarakat, terdapat di salah satu rumah warga yang dikelola secara pribadi dan mendapat bantuan langsung dari dinas kepustakaan pusat.

Pemilik rumah baca, H Nurdin mengungkapkan bahwa ide awal lahirnya rumah baca tersebut berasal dari dirinya yang peduli terhadap masyarakat gampong rayeuk paya itek yang masih kurang di bidang literasi.

“Awalnya saya ingin membantu masyarakat gampong rayeuk paya itek yang masih belum bisa membaca dan menulis dengan membuka pusat kegiatan belajar masyarakat ini, disini tersedia sekolah paket A, B, dan C untuk mereka yang tidak bisa membaca,” pungkasnya pada Jumat (30/8/2019).

Selain itu, di taman bacaan masyarakat Giat Asih juga terdapat beberapa jumlah buku bacaan untuk anak-anak, buku cerita, buku pelajaran SD, SMP, dan SMA yang dikirim langsung dari pusat. “Kegiatan taman bacaan ini berada dibawah pusat kepustakaan, jadi pengelolaannya masih terus dipantau oleh pusat. Setiap tahun pusat mengirimkan buku-buku baru,” jelas H Nurdin.

Keberadaan taman bacaan ini juga memfasilitasi anak-anak gampong rayeuk paya itek untuk lebih giat dalam belajar. Anak-anak diizinkan untuk meminjam buku, membaca di tempat, maupun dibawa pulang.

H Nurdin berharap dengan adanya taman bacaan masyarakat yang sudah dilegalkan pada tahun 2016 silam, minat masyarakat terutama anak anak untuk membaca lebih meningkat.

Daniel Saputra selaku Humas mengatakan, pihaknya selaku mahasiswa/i kkn unimal yang tergabung dalam kelompok 51 berharap agar rumah baca ini harus tetap ada untuk bisa mencerdaskan anak-anak di gampong rayeuk paya itek.

“Khususnya dan gampong-gampong lain pada umumnya agar tidak ada lagi yang tidak bisa membaca maupun yang putus sekolah,” pungkasnya.

Disamping itu, Ketua KKN 51 juga menekankan pihak mahasiswa KKN 51 bersinergi tingkatkan Kampung literasi.

“Untuk meningkatkan Gampong Rayeuk Paya Itek yang berkualitas, kita harus tingkatkan juga literasi dari segi taman baca ini,” ungkap Muhar.

“Dan Kami juga berharap agar Pemerintah Desa siap mendukung dan meningkatkan prestasi anak Kampung,” tandasnya. Berita Aceh Utara, MR